Disnakertrans Prov. Kalteng Peringati Mayday dengan Dialog Sosial

Palangkanews co id // Pemprovkalteng – Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) melaksanakan Dialog Sosial dalam rangka Peringatan Hari Buruh Internasional atau Mayday Tahun 2024, di Aula Barito Hotel Grand Global, Rabu (1/5/2024).

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Disnakertrans Prov. Kalteng Farid Wajdi, dan dihadiri perwakilan sejumlah organisasi serikat pekerja/buruh, organisasi pengusaha di Kalteng, serta dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) KetenagaKerjaan dan BPJS Kesehatan.

Kepala Disnakertrans Prov. Kalteng Farid Wajdi mengatakan peringatan Hari Buruh Internasional hendaklah menjadi solusi dari permasalahan ketenagakerjaan bagi pemerintah, pengusaha maupun serikat pekerja dan buruh, untuk terus memperkuat komitmen dalam ikatan hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan.

Oplus_131072

“Dialog sosial ini, menjadi semangat kita untuk bersama-sama dalam menyejahterakan dan meningkatkan kualitas pekerja/buruh yang ada di Kalteng, sebagaimana tema Kerja Bersama Wujudkan Pekerja/Buruh yang Kompeten,” ujarnya.

Lebih lanjut, Farid mengatakan perlu disadari bahwa pengusaha sebagai pemberi kerja dan pekerja atau buruh memiliki hubungan saling membutuhkan. Sehingga, seyogyanya harus saling mendukung satu sama lain. Pekerja atau buruh harus berkomitmen bekerja dengan sebaik-baiknya demi memajukan perusahaan. Begitu juga dengan perusahaan harus berkomitmen melindungi dan menyejahterakan pekerja, sehingga masing-masing dapat menunaikan hak dan kewajiban.

“Komunikasi dalam dialog sosial antara pengusaha dan pekerja penting untuk benar-benar dibangun untuk memupuk rasa kebersamaan dan saling menghargai. Sehingga jika terjadi perselisihan atau persoalan dapat diselesaikan dengan musyawarah dan mufakat,” pungkasnya.

Oplus_131072

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Pejabat Eselon III dan IV, Pejabat Fungsional Disnakertrans Prov. Kalteng, Serikat Pekerja/Buruh seperti DPD KSPSI, Korwil KSBSI, SP PLN UP3 Palangka Raya, FSP PP KSPSI, Korda SB Federasi Hukatan KSBSI, PD FS P5K KSPSI, dan Organisasi Pengusaha yakni DPP Apindo Kalteng, GAPKI Kalteng, Komda APHI Kalteng, serta BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Publikasi : Titin

Sumber.  : HS.Disnakertrans ProvKalteng 

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News
Exit mobile version