Di Hardiknas, Gubernur Kalteng Gratiskan Pasar Murah Untuk Mahasiswa 6000 Paket Sembako

Palangkanews co id // Pemprovkalteng – Palangka Raya – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) menggelar Pasar Murah di Bundaran Besar Palangka Raya, Kamis (2/5/2024). Pasar Murah dibuka oleh Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo.

Dalam sambutan pembukaannya, Wagub Edy Pratowo menyampaikan bahwa hari ini diadakan pasar murah untuk para mahasiswa.

“Kita berkumpul di Bundaran Besar ini dalam rangka pelaksanaan Pasar Murah. Jadi dijelaskan harga berasnya berapa, dapatnya berapa, dan subsidinya berapa,” ucapnya.

Pada Pasar Murah di Bundaran Besar ini tersedia 6.000 paket sembako berisikan 10 Kg beras senilai 175 ribu rupiah yang disubsidi oleh Pemprov Kalteng, sehingga mahasiswa mendapatkan beras gratis. Penyerahan beras subsidi dilakukan bertahap mulai tanggal 2 s.d 3 Mei 2024, hari ini sebanyak 2.000 paket dan besok sebanyak 4.000 paket.

Oplus_131072

Wagub pun menyampaikan bahwa dengan dikumpulkannya mahasiswa di Bundaran Besar, diharapkan ke depannya masyarakat Kalteng akan menyukainya dan mempunyai tujuan untuk mempromosikan Kalimantan Tengah agar menjadi destinasi wisata.

“Doakan apa yang dilaksanakan oleh Bapak Gubernur dan kami semua serta niat kita ini bisa dijabah dan disukai oleh masyarakat Kalimantan Tengah. Tujuannya satu adik-adik, selain untuk mempromosikan Kalimantan Tengah, juga menjadi salah satu destinasi wisata,” ujarnya.

Selanjutnya, Sekertaris Daerah Prov. Kalteng Nuryakin menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk perhatian Gubernur terhadap mahasiswa terkait penanganan inflasi.

“Kegiatan ini dalam rangka Bapak Gubernur memperhatikan rekan-rekan mahasiswa, di samping itu juga dalam kegiatan penanganan inflasi. Karena selama ini Bapak Gubernur merumuskan kegiatan pasar murah di 14 kabupaten/ kota, kecamatan sampai dengan pedesaan,” imbuhnya.

Mengingat bahwa hari ini adalah hari Pendidikan Nasional, maka dipilihlah pelaksanaan Pasar Murah pada hari ini. Nuryakin pun mengingatkan kepada rekan-rekan mahasiswa untuk menjalankan kewajiban utama mereka, yakni belajar sebagai prioritas utama agar dapat menjadi pemimpin Kalimantan Tengah di masa mendatang.

Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran mengatakan hal yang serupa, bahwa hari ini diadakannya distribusi sembako untuk rekan-rekan mahasiswa. Selain itu, turut serta menyampaikan sebuah pesan dari Gubernur terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia serta menyampaikan batasan umur untuk siap menikah kepada rekan-rekan mahasiswa. Lalu, Ivo pun mengingatkan mahasiswa ketika sudah lulus jangan hanya mengandalkan indeks prestasi (IPK), namun ilmu yang didapatkan kiranya dapat diaplikasikan ke masyarakat.

Oplus_131072

Kemudian, Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran dalam sambutannya mengingatkan bahwa pemuda pemudi Isen Mulang memiliki sifat pantang menyerah dan tidak kenal takut sebelum yang ingin diraih berhasil.

Gubernur pun menyampaikan bahwa di masa mendatang Daerah Jantung Kota tepatnya di Bundaran Besar akan dijadikan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan memindahkan beberapa bangunan ke kawasan lain yang akan disediakan oleh Pemerintah Kota.

“Dispora akan kita pindah, supaya Bundaran dapat diapit oleh RTH yang memadati kawasan hijau semua, sehingga menghasilkan oksigen dan membuat Palangka Raya nantinya benar-benar cantik,” ungkapnya.

Bersama dengan itu, Gubernur menerangkan terkait rumah sakit provinsi yang masih dalam proses tahap pembangunan di kilometer 26 untuk pengembangan Kota Palangka Raya.

“Kita beralih ke rumah sakit provinsi yang kita bangun. Ini untuk penanganan dari Hilir yang dibangun di kilometer 26 supaya nanti jadi pengembangan kota antara Tangkiling dengan Kota Palangka Raya dan Tangkiling dengan Katingan,” tuturnya.

Gubernur menambahkan bahwa rumah sakit ini kiranya bisa mengimbangi rumah sakit yang ada di luar negeri dan provinsi-provinsi lain. Sementara itu, kiranya rumah sakit ini akan dipenuhi dengan alat-alat medis yang mumpuni serta sumber daya manusia yang andal. Dengan itu, Gubernur mempunyai harapan agar masyarakat Kalimantan Tengah tidak perlu jauh-jauh berobat ke luar negeri ataupun provinsi lain.

Sebagai informasi tambahan, kegiatan Pasar Murah ini akan diadakan dua bulan sekali dengan penambahan paket seperti telur, gula, dan daging. 

Publikasi. : Titin 

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News
Exit mobile version