Pj. Bupati Barsel Hadiri Peringatan Hari Otda di Surabaya, Mendorong Pembangunan Berkelanjutan dan Ekonomi Hijau

Pj. Bupati Barsel Hadiri Peringatan Hari Otda di Surabaya, Mendorong Pembangunan Berkelanjutan dan Ekonomi Hijau

Palangkanews.co.id # Buntok – Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan (Barsel), H. Deddy Winarwan, menghadiri Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-XXVIII yang diikuti oleh kepala daerah dari seluruh Indonesia di halaman Balai Kota Surabaya pada tanggal 25 April 2024.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia, Tito Karnavian, bertindak sebagai inspektur upacara dan dalam sambutannya menyampaikan tema peringatan Hari Otda tahun ini, yaitu “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat”. Mendagri berharap bahwa melalui peringatan Hari Otda ini, komitmen dan tanggung jawab pemerintah daerah dalam membangun keberlanjutan pengelolaan sumber daya manusia dan lingkungan hidup dapat diperkuat.

Selain itu, Mendagri juga menekankan pentingnya menciptakan model ekonomi yang ramah lingkungan untuk mensejahterakan secara berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Mendagri juga menjelaskan bahwa otonomi daerah merupakan hak, wewenang, dan kewajiban daerah otonom untuk mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat.

Otonomi daerah memiliki dua tujuan utama, yaitu tujuan kesejahteraan dan tujuan demokrasi. Dalam konteks kesejahteraan, desentralisasi bertujuan untuk memberikan pelayanan publik yang efektif, efisien, dan ekonomis kepada masyarakat, sementara dalam konteks demokrasi, desentralisasi menjadi instrumen pendidikan politik di tingkat lokal yang mempercepat terwujudnya masyarakat madani atau civil society.

Mendagri juga menyampaikan pentingnya proses demokrasi di tingkat lokal melalui pemilihan perwakilan daerah secara langsung, penyusunan Perda mengenai APBD, dan perencanaan pembangunan daerah yang melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

Semua ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen, kepercayaan, toleransi, kerjasama, solidaritas, dan rasa memiliki masyarakat terhadap kegiatan pembangunan di daerah, sehingga berdampak positif pada perbaikan kualitas kehidupan demokrasi.

Setelah upacara, acara dilanjutkan dengan Pawai Seni Budaya dan kunjungan ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Pemerintah Kota Surabaya. Peringatan Hari Otda 2024 juga diisi dengan pemberian tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada kepala daerah berprestasi.

Pewarta : H.Assjian
Sumber : Kominfo Barsel

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News