Kadis TPHP Prov. Kalteng Saat Menerima Tamu Kadis Disnakertrans Prov. Kalteng

Palangka Raya ,//  Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalimantan Tengah Hj. Sunarti, menerima kunjungan dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Tengah (Disnakertrans) H. Farid Wajdi, Senin (14/10/2024) di ruang kerja Kadis TPHP Prov. Kalteng. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas koordinasi terkait pelatihan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) yang akan diselenggarakan secara kolaboratif antara kedua dinas tersebut.

Pada kesempatan tersebut, Sunarti menyatakan bahwa pelatihan ini dirancang untuk memberikan keterampilan teknis bagi para petani di Kalimantan Tengah dalam memanfaatkan teknologi Alat Mesin Pertanian (Alsintan) sebagai solusi atas kurangnya Sumber Daya manusia (SDM) Petani. Langkah strategis ini diharapkan mampu meningkatkan produktivitas pertanian. Kolaborasi antara Dinas TPHP Kalimantan Tengah dan Disnakertrans Prov. Kalteng dilakukan untuk memperluas jangkauan pelatihan, memberikan manfaat lebih luas kepada masyarakat tani, serta mendorong penguatan sektor pertanian yang lebih modern dan efisien.

Kadis TPHP Provkalteng

“Adanya pelatihan penggunaan alat dan mesin pertanian ini merupakan solusi atas kurangnya SDM Petani, dan hal ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan para petani dalam memanfaatkan teknologi modern guna meningkatkan produktivitas pertanian di Kalimantan Tengah,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Farid Wajdi juga diajak untuk berkeliling ruangan kantor Dinas TPHP yang sedang dalam tahap renovasi. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai peningkatan fasilitas di Dinas TPHP Prov. Kalteng yang terus dilakukan demi mendukung kegiatan operasional yang lebih baik ke depannya.

“Peningkatan infrastruktur dan fasilitas kantor adalah bagian penting dari upaya memperkuat pelayanan publik dan mendukung program-program strategis di Dinas TPHP Prov. Kalteng,” ungkapnya.

Adanya kolaborasi lintas dinas ini, diharapkan upaya untuk meningkatkan keterampilan tenaga kerja di bidang pertanian dapat berjalan lebih efektif. Kadisnaketrans Farid Wajdi pun menyambut baik inisiatif kolaborasi ini, dan menyampaikan apresiasinya atas komitmen Dinas TPHP Prov. Kalteng dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja di sektor pertanian. Ia berharap pelatihan ini dapat memberikan dampak signifikan bagi peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani di Kalimantan Tengah.

Koordinasi pelatihan ini merupakan salah satu langkah strategis untuk menghadapi tantangan pertanian modern, sekaligus membuka peluang lapangan kerja baru di bidang pertanian berbasis teknologi. Dengan adanya sinergi ini, diharapkan pertanian di Kalimantan Tengah dapat lebih maju, serta mendorong tercapainya ketahanan pangan dan pengembangan ekonomi yang lebih inklusif bagi masyarakat. (TPHP)/Edt:WP

Publikasi. Titin

  • Related Posts

    Palangka Raya // Pemko -! Pj Wali Kota Palangka Raya yang diwakili Plh Sekretaris Daerah Kota Palangka Raya, Arbert Tombak mengikuti rapat kesiapan pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2024 tingkat Provinsi…

    Proses Pertumbuhan Pendidikan Usia Dini

    Palangka Raya -// Pemko Palangka Raya – Pola asuh yang baik sangat penting untuk mendukung proses pertumbuhan dan perkembangan anak dari usia dini hingga remaja. Hal ini ditekankan oleh Pj…

    You Missed

    Diskan Kota Dorong Kesejahteraan Nelayan Kecil dan Peningkatan Ekonomi Lokal

    Diskan Kota Dorong Kesejahteraan Nelayan Kecil dan Peningkatan Ekonomi Lokal

    Diskan Kota Gelar Sosialisasi Pengembangan Kapasitas Nelayan

    Diskan Kota Gelar Sosialisasi Pengembangan Kapasitas Nelayan

    DPKP Kota Bekerjasama Buliq Kalteng Gelar Program GPM

    DPKP Kota Bekerjasama Buliq Kalteng Gelar Program GPM

    Jelang Pemilu Anggota Dewan Himbau Tetap Jaga Kondusivitas Dan Persatuan

    Jelang Pemilu Anggota Dewan Himbau Tetap Jaga Kondusivitas Dan Persatuan

    Arton S Dohong Tegaskan Kesadaran Dalam Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

    Arton S Dohong Tegaskan Kesadaran Dalam Mematuhi Peraturan Lalu Lintas

    Sudarsono : Pentingnya Peran UKM Di Daerah Pelosok Dalam Membangun Ekonomi Lokal

    Sudarsono : Pentingnya Peran UKM Di Daerah Pelosok Dalam Membangun Ekonomi Lokal