Yansiterson Selaku Sekda Gumas, Berharap Forum Penajaman Target Kinerja.

Yansiterson Selaku Sekda Gumas,  Berharap Forum Penajaman Target Kinerja.

Palangkanews.co.id || Kuala Kurun, Merupakan salah satu agenda penting dalam Tahun 2019-2024 dalam melaksanakan program-program pembangunan hingga tahun 2024 ke depan, untuk itu kami memberikan apresiasi kepada seluruh Perangkat Daerah yang telah membentuk tim penyusunan dokumen Perubahan Renstra pada masing-masing Perangkat Daerah Hal ini disampaian oleh oleh Sekrertaris Daerah Kabupaten Gunung Mas Yansiterson saat membacakan ssmbutan Bupati pada saat Forum Gabungan Perangkat Daerah tentang Perubahan Rencana Strategis Perangkat Daerah Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019-2024 bertempat di Aula Bappedalitbang, Selasa (22/6/2021).

Yansiterson mengatakan, Forum ini bertujuan untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran yang di susun dalam Rancangan Perubahan Renstra Perangkat Daerah, dimana Perubahan Renstra memuat dalam rangka pelaksanaan Urusan Pemerintahan Wajib dan/atau Urusan Pemerintahan Pilihan sesuai dengan tugas dan fungsi setiap Perangkat Daerah, yang disusun berpedoman kepada RPJMD dan bersifat indikatif.



Disamping itu, berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah memuat program dan kegiatan dengan penekanan pada pencapaian sasaran Prioritas Nasional, Standar Pelayanan Minimal (SPM) dan Sustainable Development Goals (SDGs). Perubahan Renstra Perangkat Daerah memberikan kita kesempatan untuk mempertegas kembali target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran yang telah kita susun sebelumnya.

Titik penting dalam penyusunan Perubahan Renstra ini adalah bagaimana dokumen ini menjadi kebutuhan terhadap ketersediaan rencana strategis pembangunan yang adaptif, inovatif dan mampu menjawab fakta permasalahan yang ada.

Perubahan Rentra menjadi hal yang sangat penting dan strategis dalam upaya mewujudkan Visi Gunung Mas 2024, yaitu “Terwujudnya Kabupaten Gunung Mas yang Bermartabat, Maju, Berdaya Saing, Sejahtera,dan Mandiri” (BERJUANG BERSAMA).”

“Kami berharap melalui Forum Gabungan Perangkat Daerah ini dapat memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran yang di susun dalam Rancangan Renstra Perangkat Daerah,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Bappedalitbang Kabupaten Gunung Mas Yantrio Aulia dalam laprannya menyampiakan tujuna dilaksanakan forum adalah untuk memperoleh masukan dalam rangka penajaman target kinerja sasaran, program dan kegiatan, lokasi dan kelompok sasaran yang disusun dalam Rancangan Perubahan Renstra Perangkat Daerah.

Selaku narasumber dari Anggota DPRD, Perangkat Daerah, Tim Ahli Pendampingan Penyusunan Perubahan RPJMD , Tim Penyusunan Perubahan RPJMD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019-2024, Tim Penyusunan Renstra Perangkat Daerah, Panitia/Tim Anggaran Eksekutif maupun Legislatif.

Dijelaskannya, yang pertama perubahan RPJMD tidak mengubah substansi awal dari Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati. Perubahan RPJMD hanya mereviu dan menganalisa kembali relevansi tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan serta program prioritas apa yang dapat menjawab isu dan permasalahan yang ada di lingkup Daerah kita, yang kedua dalam forumini nanti, kita akan lebih banyak membahas tentang konsistensi dan penajaman kinerja sasaran, rencana program dan kegiatan/sub kegiatan pada Perubahan Renstra, dan yang ketiga pemetaan dan Analisa Perangkat Daerah terkait terhadap Konsep Pembangunan Daerah, SMART AGRO, SMART TOURISM, dan SMART HUMAN RESOURCES.

Peserta Forum Gabungan Perangkat Daerah Tentang Perubahan Rencana Strategis Perangkat Daerah Kabupaten Gunung Mas Tahun2019 – 2024 adalah : Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, dan seluruh Perangkat lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas.

Pewarta. : Hendra
Sumber. :. Diskominfostkgumas

Redaksi Palangka News