Waspada Curah Hujan Tinggi, BPBD Bartim Siap Siaga.

Waspada Curah Hujan Tinggi, BPBD Bartim  Siap Siaga.

Palangkanews.co.id | Musim Hujan yang kepanjangan hampir tiga bulan melanda di berbagai daerah di Kalimantan termasuk daerah Kalteng di Tamiyang Layang Akibat curah hujan yang cukup tinggi sehingga menyebabkan beberapa sungai di Kabupaten Barito Timur (Bartim) Privinsi Kalimantan Tengah Kalteng mengalami peningkatan terhadap permukaan air yang cukup serius. Dipublikasikan 3/2/21

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) curah hujan tidak di predeksi pada musim mulai bulan November sampai sekarang hujan deras dimana mana, BPBD dengan sigap menurunkan pasukannya ke lapangan guna mengantisipasi timbulnya kejadiannya tetutama korban.

Kepala BPBD dan Damkar Bartim, Riza Rahmadi, kepada awak media mengatakan tujuan tim BPBD turun ke lokasi mengantisipasi kejadian korban pihaknya juga peningkatan permukaan air yang sedang meluap di daerah tersebut.

Selanjutnya tim juga melakukan tindakan terhadap situasi yang harus ditanggulangi guna untuk mengurangi semua yang timbul oleh luapan udara yang terdampak pada warga setempat, ucapnya di Tamiang Layang.

Adapun titik-titik sungai yang telah mengalami peningkatan sehingga permukaan udara menjadi meluap yaitu Sungai Kikis sehingga menggenangi Desa Pangkan, Paku Beto dan Desa Kalamus di Kecamatan Paku Kab. Bartim.

Kemudian, “Sungai Takuam di Desa Lenggang Kecamatan Raren Batuah dan Sungai Patangkep di Desa Bentot Kecamatan Patangkep Tutui Kab. Bartim juga meluap, terjadi tadi malam, ”ucapnya.

Kita juga sudah menyiapakan dapur umum dan juga tenda jika dibutuhkan untuk pengungsian, serta bila nantinya ada yang dievakuasi akibat luapan air tersebut tim dari BPBD selalu siap siaga 1 × 24 jam.

Reza, “Imbau agar warga yang tinggal dekat aliran sungai agar siap siaga untuk melakukan antisipasi terhadap banjir yang datang secara tiba-tiba guna mencegah timbulnya kerugian harta dan benda atau terjadi korban jiwa.” Tutur Reza.

Banjir suatu kondisi di mana terjadi luapan air yang mengakibatkan terendamnya suatu wilayah. Banjir adalah udara dalam volume besar yang dapat menggenangi sebuah daerah.

Banjir dapat dikatakan sebagai aliran udara yang tidak dapat tertampung lagi oleh sungai, aliran air, dan saluran irigasi yang lainnya. Biasanya air banjir merupakan air yang berasal dari sungai atau hujan lebat yang terus menerus sehingga dapat menyebabkan luapan air.

Pewarta. : Elsa pknews Bartim
Sumber. : Tim.media Bartim

Redaksi Palangka News