Warga Bartim Terima BLT Provinsi Kalteng Sebanyak 3.317 KK

Warga Bartim Terima BLT Provinsi Kalteng Sebanyak 3.317 KK

Palangkanews.co.id Tamiyang Layang- Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran meluncurkan dana Bansos kewilayah Barito Timur, BLT ini diterima warga sebanyak 3.317 KK atau disebut Keluarga Penerima Manfaat (KPM).
30/5/20.

” Bantuan Langsung Tunai data yang kami terima dari Provinsi Kalteng telah tersalurkan sebanyak 3.317 KK dengan nilai Rp. 1.658.500.000 sudah terealisasi 54.52 persen ” ucap Kadinsos Kabupaten Barito Timur H. Rusdianor melalui Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Santai Nyawit.

Lebih lanjut Santai Nyawit menambahkan untuk diketahui bersama Kabupaten Barito Timur mendapat Bansos Langsung Tunai (BLT) Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah diberikan kepada 7.132 KK dengan total dana Rp. 3.566.000.000,- yang diberikan dalam bentuk tunai senilai Rp. 500.000,- per KPM, dan sekarang telah terealiasi 46,51 persen atau 3.317 KK. Ditambahkan dia.

Data penyaluran tersebut merupakan data terbaru penyaluran tahap 2 untuk Kecamatan Dusun Timur, Dusun Tengah, Karusen Janang, Paju Epat, Paku dan Patangkep Tutui per Tanggal 29 Mei 2020, yang secara teknis penyaluran Bansos ke KPM dibatasi kurang lebih 250 orang per hari di Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang dan Bank Kalteng Cabang Ampah.

“Pembatasan jumlah KPM tersebut dimaksudkan untuk tertib penyaluran serta mencegah kerumunan massa dalam rangka Psychal Distancing,” imbuhnya.

selain penyaluran secara langsung kepada KPM di kantor bank, pihaknya juga melakukan penyaluran dengan sistem kolektif, yakni KPM diwakilkan kepada satu orang untuk memproses penyaluran dari bank, sistem ini sudah berjalan untuk Kelurahan Ampah Kota yang KPM diwakilkan penyaluran bansosnya kepada ketua RT masing-masing.

Selanjutnya, kata Santai Nyawit Bansos tersebut oleh ketua RT akan diberikan kepada masing-masing KPM di RT yang didampingi oleh aparat Kelurahan, TKSK/PSM serta aparat keamanan Bhabinkamtibmas dan Babinsa setempat.

Pada kesempatan itu Santai Nyawit mengatakan untuk penyaluran berikutnya akan dilakukan pada tanggal 3 Juni 2020 untuk kecamatan lainnya yakni Kecamatan Awang dan Benua Lima.

“Kami ingatkan bagi KPM yang datang ke bank untuk penyaluran Bansos agar membawa kelengkapan seperti KTP, KK asli dan fotokopi. Jika KPM diwakilkan agar membawa surat kuasa, surat keterangan sakit dari pihak kesehatan bagi KPM sakit dan surat keterangan cacat dari Pemdes/Kel bagi KPM yang cacat. KPM dan pengantar di lokasi penyaluran juga wajib menjalankan protokol Covid-19 yakni memakai masker, mencuci tangan, mengukur suhu tubuh dan menjaga jarak.” pungkasnya.

Red./boy

admin

admin