Wakil Gubernur Kalteng Dengarkan Arahan Presiden RI Jokowi

Wakil Gubernur Kalteng Dengarkan Arahan Presiden RI Jokowi

Palangkanews.co.id | Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya menghadiri Rapat Terbatas (Ratas) Presiden dengan Gubernur Seluruh Indonesia secara virtual melalui video conference di Aula Jayang Tingang Lt. II Kantor Gubernur Kalteng, Selasa (1/09/2020). Rapat dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo.

Wakil Gubernur Kalteng Hadiri Ratas Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang Dipimpin Langsung Presiden RI
Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya saat menghadiri Ratas Presiden dengan Gubernur Seluruh Indonesia secara virtual melalui video conference

Joko Widodo menyatakan Ratas ini dimaksudkan untuk menyamakan frekuensi agar gerak dari pemerintah pusat sampai ke tingkat daerah lebih efektif dalam upaya penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi Nasional. Presiden mengingatkan agar para Kepala Daerah lebih serius melihat data dan angka-angka kasus penularan Covid-19 karena berbagai Negara sekarang sedang terjadi trend peningkatan kasus positif.

Presiden Joko Widodo dalam arahannya menyatakan pengendalian kasus Covid-19 di Negara kita tetap terkendali dan di bawah rata-rata dunia. Adapun kasus aktif nasional 77% (April) menjadi 23,7% (Agustus) dimana rata-rata dunia yaitu 27 %. Sedangkan tingkat kematian 7,8% (April) menjadi 4,2% (Agustus) dimana rata-rata dunia 3,36 %. Adapun Persentase Kesembuhan per 30 Agustus adalah 72,17 %.

Presiden menyatakan pengadaan vaksin dari luar sedang kita coba 20-30 juta vaksin sampai nanti di akhir tahun 2020. Fokus dan konsentrasi kita memperkuat ketahanan sampai seluruh rakyat kita mendapatkan vaksin. Sekarang kita sedang mengembangkan vaksin asli dari Negara kita, yaitu vaksin Merah Putih, kerjasama konsorsium nasional (LBM Eijkman dan peneliti perguruan tinggi) target produksi pertengahan 2021.

“Saya berharap kita semua selalu berhati-hati dan waspada kemungkinan second wave karena akan berdampak pada laju pemulihan ekonomi,” tegas Joko Widodo.

Pertumbuhan ekonomi Indonesia sektor devisa meningkat (penerbitan SBN valas), ekspor tumbuh 15,09% mtm (2,28% yoy), moneter dan keuangan SBN kembali ke posisi awal 2020, sektor Riil naik menjadi -14,47% (Mei : -20,6%), Konsumsi IKK naik menjadi 83,8 (Mei : 77,8) serta Listrik Industri tumbuh positif (peningkatan produksi).

Di akhir Ratas Presiden berharap para Gubernur agar bekerja lebih keras lagi dan berkoordinasi secara maksimal bersama Bupati/Walikota serta para Satuan Tugas (Satgas) untuk menanggulangi perkembangan dan strategi pemulihan ekonomi pasca Covid-19.

Hadir pada Ratas tersebut Wakil Presiden RI K. H. Maaruf Amin, para Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, seluruh Gubernur dan/ atau Wakil Gubernur se-Indonesia. Turut hadir mendampingi Wakil Gubernur Kalteng dari Aula Jayang Tingang yakni Ketua Pelaksana Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng H. Darliansjah, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul, Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya Yayu Indiraty dan Kepala Biro Umum Setda Kalteng Lisda Arriyana.

Pewarta.:. Tim Lisa dkk
Sumber : BiroprotprovkaltengYDS/Doni
Ed/Ad. : Syaifu

admin

admin