Wakapolres Pulang Pisau Sampaikan Kondisi Banjir Terkini

Wakapolres Pulang Pisau Sampaikan Kondisi Banjir Terkini

palangkanews.co.id///kabupaten pulang pisau|kalimantan tebgah-Wakapolres Pulang Pisau, Kompol. Nandi Indra Nugraha mengatakan bahwa musibah banjir yang melanda 3 (tiga) Kecamatan dan 6 desa di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah telah berangsur surut. Itu disampaikan Wakapolres Pulang Pisau saat menggelar Press Release terkait Penanganan Bencana Banjir di Kabupaten Pulang Pisau di Kantor BPBD Pulang Pisau, Kamis (03/11/2022).

“Wilayah terdapat banjir yakni, Desa Paduran Sebangau dan Sei Hambawang, Kecamatan Kahayan Tengah di Desa Penda Barania dan Desa Tanjung Sangalang dan Desa Tunjung Taruna dan Tumbang Nusa di Kecamatan Jabiren Raya,” ungkapnya.

Dari hasil pengukuran debit air baru-baru ini pada desa-desa yang sempat terendam banjir tersebut, lanjut Nandi yang saat itu didampingi Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Pulang Pisau, Moh. Insyafi, Kabid Kedaruratan dan Kesiapsiagaan Bencana Tekson dan TNI Polri dan undangan dari OPD terkait, menyebutkan kondisi ketinggian air sudah surut dan aktivitas warga juga sudah kembali normal

Selanjutnya,Nandi mengungkapkan bahwa penanganan banjir di Kabupaten Pulang Pisau sudah dilakukan sejak 25 Oktober hingga 3 November 2022. Metode yang digunakan adalah Kaji Cepat, Pemenuhan, Penyelamatan dan Evakuasi, Perlindungan Kelompok Rentan dan Perbaikan Infrastruktur serta Aktivasi Sistem Kedaruratan Penanggulangan Bencana (SKPB).

“Jumlah personil yang dilibatkan berjumlah 104 Personil gabungan. Yakni 56 personil lapangan dan 48 personil Pos Komando dengan didukung peralatan dikerahkan perahu karet, dolphin, R4 2 unit dan R2 3 unit,” jelas Nandi.

Masih menurut Wakapolres Pulang Pisau, untuk upaya-upaya yang telah dilakukan BPBD bersama Tim Gabungan, telah melakukan kaji cepat Tim Respon bencana penggunaan bencana dan relokasi desa terdampak. Tim Gabungan menilai dan menghimpun potensi sumber daya manusia dan Sarpras untuk mendukung Pos Lapangan, membuat usulan bantuan logistik ke Gubernur untuk desa terdampak banjir.

“Selanjutnya memberikan rekomendasi bila ada gejala dan kondisi terkini dampak bencana banjir, penyaluran bantuan logistik dari BPBD dan Dinas Sosial dan pengecekan bagi korban yang dilakukan oleh Dinas kesehatan melalui Puskesmas setempat. Juga, melakukan penimbunan jalan yang tergenang, mulai dari KM 27 sampai 28 jalan poros Sebangau Kuala oleh DPUPR dan BPBD,” terangnya.

Nandi Indra Nugraha menambahkan, untuk jumlah warga terdampak banjir di Kabupaten Pulang Pisau secara keseluruhan 624 KK dengan 2.361 jiwa. Dengan rincian, di Desa Paduran Sebangau dan Sei Hambawang dengan warga terdampak 79 KK, Kecamatan Kahayan Tengah di Desa Penda Barania ada 44 KK dan Tanjung Sangalang 65 KK dan Kecamatan Jabiren Raya di Desa Tumbang Taruna 236 KK dan Tumbang Nusa 200 KK.

“Sementara untuk fasilitas umum yang terdapat banjir seperti bangunan dan fasilitas umum seperti kesehatan, pendidikan, rumah ibadah nihil. Untuk bantuan logistik berupa beras yang sudah disalurkan dengan jumlah keseluruhan 13.227,2 kg,tutup nya

(SAPRUDIN)

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News