Wagub Edy Pratowo Tinjau Komplek Mendawai Pasar Kahayan Palangka Raya

Wagub Edy Pratowo Tinjau Komplek Mendawai Pasar Kahayan Palangka Raya

palangkanews.co.id # Provkalteng Palangka Raya – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo meninjau secara langsung pemukiman warga pasca terjadinya kebakaran pada hari Selasa, 12 September 2023 yang lalu, bertempat di Jl. Mendawai Kota Palangka Raya, Kamis (14/9/2023).

Wagub Kalteng Edy Pratowo saat melakukan peninjauan pasca kebakaran yang terjadi di kawasan pemukiman padat penduduk ini, menyampaikan keprihatinannya atas musibah yang terjadi di Jalan Mendawai belakang Pasar Kahayan, Kelurahan Palangka, Kota Palangka Raya tersebut.

“Hari ini Pemerintah Provinsi bersama perangkat daerah terkait antara lain BPBD, Dinas Sosial, Kesbang, P3APPKB dan lain-lain, sedang menginventarisir apa saja yang bisa dilakukan dan tentunya berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Palangka Raya” ucapnya.

“Salah satunya yaitu membantu anak-anak sekolah yang terdampak kebakaran, dengan membantu menyediakan perlengkapan sekolah, buku-buku, seragam sekolah akan kita bantu melalui Pemerintah Kota, dan untuk SMA sederajat bisa melalui Dinas Pendidikan” sebut Edy.

Selanjutnya untuk program-program lain seperti program BBR (Bahan Bangunan Rumah) bisa dikolaborasikan, sehingga ke depan bisa membantu meringankan beban masyarakat yang mengalami musibah ini.

Ia juga menyebut, untuk sementara ini bantuan yang bisa diberikan berupa beras, minyak, sembako, matras, selimut, sarung, sedangkan yang lain akan menyusul semuanya.

“Untuk tindak lanjutnya seperti relokasi dan lain-lain, akan dipertimbangkan bersama-sama Pemerintah Kota, terkait aturan, lokasi dan tata letaknya supaya ke depan kejadian seperti ini tidak terjadi lagi” imbuhnya.

Senada dengan itu Kadis Sosial Prov. Kalteng Eddy Karusman mengatakan, jumlah bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak kebakaran disesuaikan dengan jumlah kepala keluarga.

“Hari ini Pemerintah Provinsi menyerahkan bantuan berupa sembako dan matras untuk 45 KK yang terdampak kebakaran, besok akan menyusul beras dan sarung, kalau untuk jangka panjangnya akan dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota Palangka Raya” kata dia.

Sementara itu Camat Jekan Raya Sri Utomo saat dibincangi menerangkan, bahwa pihaknya telah menyediakan posko, namun warga yang terdampak kebakaran ini banyak memilih bergabung dengan keluarga masing-masing.

“Kami telah menyediakan posko dan dapur umum masih tetap jalan, hal ini dilakukan untuk mempermudah penyaluran bantuan, terutama untuk drop makan pagi, siang dan sore sesuai standar selama tujuh hari ke depan. Setelah itu akan kita evaluasi lagi teknisnya termasuk penyaluran bantuan tersebut” ujarnya.

Menurut informasi warga sekitar, tidak kurang dari 45 kepala keluarga dengan jumlah jiwa 127 yang terdampak kebakaran ini, serta 4 orang korban luka bakar masih dalam perawatan dan satu orang petugas/relawan dalam keadaan kritis pasca operasi.

Pewarta. : Titin

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News