Wagub Edy Pratowo Pimpin Upacara Harkop Ke-76 Tingkat Prov. Kalteng

Wagub Edy Pratowo Pimpin Upacara Harkop Ke-76 Tingkat Prov. Kalteng

Papangkanews.co.id #.Provkalteng Palangka Raya – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng Edy Pratowo memimpin Upacara Peringatan Hari Koperasi Ke-76 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023, bertempat di halaman Kantor Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Prov. Kalteng, Jl. Wilem AS Palangka Raya, Rabu (12/7/2023).

Wagub Kalteng Edy Pratowo Kalteng saat membacakan Pidato Menteri Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah menyampaikan dalam rangka peringatan Hari Koperasi ke-76 Tahun 2023, mengusung tema “Pemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat” dengan tagline “Bangga Berkoperasi, Indonesia Maju”.

Koperasi sebagai organisasi ekonomi, yang fungsi utamanya untuk meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Untuk menyejahterakan anggota, koperasi menyelenggarakan berbagai usaha serta layanan sesuai kebutuhan anggota.

“Pemerintah saat ini fokus pada pengembangan koperasi sektor riil, guna membangun ekonomi anggota dan masyarakat yang lebih luas” kata Edy.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa dari sisi peluang, koperasi sektor riil ini juga memiliki banyak potensi, mulai dari pertanian, peternakan, perikanan, perdagangan, jasa, pariwisata, dan banyak macam usaha lainnya.

“Setiap wilayah kota/kabupaten di Indonesia pasti memiliki potensi unggulan: komoditas, kerajinan, destinasi wisata atau lainnya” ucapnya.

Edy juga menyebut, “Koperasi sektor riil ini harus menjadi pemain utama dalam potensi unggulan tersebut, dengan tujuan agar manfaat dan nilai tambah yang dihasilkan dapat sebesar-besarnya terdistribusi kembali ke anggota dan masyarakat di wilayah tersebut” sebutnya.

Ia menambahkan, saat ini Kementerian Koperasi dan UKM tengah mengembangkan pabrik Minyak Makan Merah di beberapa provinsi basis sawit.

“Pabrik tersebut sepenuhnya dimiliki para petani sawit anggota koperasi. Dengan pabrik itu, hilirisasi produk dapat dilakukan. Petani sawit tidak lagi hanya menjual Tandan Buah Segar (TBS), namun menikmati nilai tambah dari produk akhir, yakni minyak makan merah tersebut” tambah Edy.

“Komoditas unggulan di wilayah lain harus dikembangkan dengan cara demikian. Koperasi bekerja di hulu dan hilir, sehingga nilai tambah tinggi dan manfaat ke anggota meningkat” tutupnya.

Usai Upacara Peringatan Hari Koperasi Ke- 76 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023, lanjutkan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Kalteng.

Pewarta. : Titin 

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News