WAGUB EDY PRATOWO HADIRI PERINGATAN HARI JADI KE-62 KABUPATEN BARITO SELATAN SECARA VIRTUAL

WAGUB EDY PRATOWO HADIRI PERINGATAN HARI JADI KE-62 KABUPATEN BARITO SELATAN SECARA VIRTUAL

Palangkanews.co.id / Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo menghadiri Peringatan Hari Jadi Ke-62 Kabupaten Barito Selatan Tahun 2021 secara virtual dari Ruang Rapat di Lantai I Kantor Gubernur, Selasa (21/9/2021).

Membacakan sambutan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran, Wagub Edy Pratowo menyampaikan bahwa dengan bertambahnya usia, Kabupaten Barito Selatan diharapkan mampu terus meningkatkan daya saing, profesionalisme, kualitas pelayanan publik, dan pembangunan demi mewujudkan masyarakat yang semakin maju dan sejahtera.


Dalam sambutan yang dibacakan Wagub, Gubernur juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Barito Selatan beserta seluruh jajaran atas sejumlah prestasi dan capaian pembangunannya. “Keberhasilan memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI selama 4 tahun berturut-turut harus tetap terus dipertahankan. Raihan ini tentu menunjukkan komitmen kuat dari Pemerintah Kabupaten Barito Selatan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan akuntabel,” ucap Gubernur.

Selain itu, berdasarkan data BPS, beberapa indikator makro pembangunan Kabupaten Barito Selatan pada tahun 2020 memperlihatkan capaian cukup baik, antara lain persentase kemiskinan sebesar 4,45%; Tingkat Ketimpangan Pendapatan (Gini Ratio) di angka 0,313; Tingkat Pengangguran Terbuka berada pada angka 4,21; Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 70,22; dan Indeks Pemberdayaan Gender sebesar 86,05.

Atas seluruh capaian pembangunan di Kabupaten Barito Selatan, Gubernur juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para Bupati dan Wakil Bupati periode sebelumnya, tokoh masyarakat, akademisi, dunia usaha, insan pers, dan semua elemen masyarakat yang telah berperan serta. Gubernur berharap momentum Peringatan Hari Jadi ke-62 tahun ini bisa lebih memperkuat semangat persatuan dan rasa kebersamaan dalam rangka mewujudkan Kalimantan Tengah Makin BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah, dan Harmonis).

Selanjutnya, di tengah keprihatinan mendalam akibat pandemi Covid-19 dan bencana banjir di sejumlah wilayah, Gubernur berharap hal tersebut tidak mengurangi makna dan ruh yang terkandung dalam peringatan hari bersejarah Kabupaten Barito Selatan yang tahun ini mengusung tema “Kabupaten Barito Selatan Semakin Mantap (Mandiri, Aman, Tertata, dan Terpadu)”. Untuk itu, Gubernur berharap kepada masyarakat Barito Selatan pada khususnya dan seluruh masyarakat Kalteng pada umumnya untuk bersinergi dan berjuang bersama-sama dalam menghadapi berbagai tantangan pembangunan, termasuk di antaranya bencana nonalam pandemi Covid-19 dan bencana alam banjir.

Gubernur bersyukur, atas kolaborasi dan kerja keras seluruh pihak, Provinsi Kalteng mengalami penurunan kasus positif Covid-19 dan peningkatan kesembuhan yang cukup signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

“Semalam juga telah diumumkan, berdasarkan asesmen Pemerintah Pusat, semua kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Tengah sudah tidak ada yang diterapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 dan Barito Selatan diberlakukan PPKM Level 2,” jelas Gubernur.

Meski demikian, Gubernur meminta masyarakat untuk tidak lengah dan tetap waspada terhadap pandemi Covid-19.

“Upaya-upaya penanganan dan pelaksanaan PPKM harus tetap dijalankan seluruh jajaran dengan baik. Tetap gencarkan sosialisasi kepada masyarakat agar jangan kendor menerapkan protokol kesehatan, terutama memakai masker, rajin mencuci tangan pakai sabun pada air mengalir, dan menjaga jarak. Dorong terus percepatan vaksinasi supaya Herd Immunity segera tercapai. Pastikan juga kebutuhan sarana dan prasarana rumah-rumah sakit terpenuhi,” imbaunya.

Terkait penanganan banjir, Gubernur menambahkan, “Kita perlu mewaspadai adanya potensi curah hujan yang tinggi dalam beberapa pekan ke depan, sehingga langkah-langkah strategis perlu dipersiapkan untuk mitigasi bencana banjir.” ucapnya

Sementara itu, Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri juga mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Barito Selatan untuk bersatu padu dalam penanganan Covid-19. Bupati pun meminta pihak-pihak terkait untuk memperkuat penerapan PPKM dengan memperkuat peran Posko sampai tingkat desa dan kelurahan dalam menyosialisasikan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun pada air mengalir, menjaga jarak, manjuhi kerumunan, dan membatasi mobilitas).

Selain itu, Bupati meminta pihak-pihak terkait untuk melaksanakan dengan sungguh-sungguh 3T (Testing, Tracing, dan Treatment), meningkatkan pelayanan fasilitas kesehatan, dan menjaga ketersediaan obat-obatan, serta melakukan langkah-langkah percepatan realisasi anggaran penanganan Covid-19 termasuk segera membayarkan insentif tenaga kesehatan.

Acara peringatan ini dirangkai dengan peluncuran Penyelenggaraan Pengembangan Desa Wisata Tahun 2020-2035 yang meliputi Desa Kalahien di Kecamatan Dusun Selatan sebagai Desa Wisata Budaya, Desa Sanggu di Kecamatan Dusun Selatan sebagai Desa Wisata Buatan, dan Desa Bintang Ara di Kecamatan Gunung Bintang Awai sebagai Desa Wisata Alam.

Tampak hadir pula dalam peringatan kali ini, antara lain Wakil Bupati Barito Selatan Satya Titiek Atyani Djoedir, jajaran Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Forkopimda setempat, serta Bupati/Wali Kota se-Kalteng atau yang mewakili.

Pewarta. : Lisa/Dwi RN
Sumber. : Pemprov Kalteng

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News