Wagub Edy Pratowo Hadiri Launching Aplikasi Quell Crime Isen Mulang Polda Kalteng

Palangkanews co.id || BIRO ADPIM. Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Edy Pratowo menghadiri acara Knowledge Sharing dengan tema “Sinergi Memperkuat Perlindungan Konsumen di Industri Keuangan” di Aula Jayang Tingang, Kompleks Kantor Gubernur, Selasa (22/6/2021).

Acara yang digelar secara virtual dengan memperhatikan protokol kesehatan ini membahas tentang bagaimana peran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan otoritas lembaga lainnya untuk memberikan kebijakan kepada konsumen khususnya masyarakat terkait perlindungan dalam transaksi komoditi.



Perlindungan konsumen diperlukan untuk memberikan rasa aman dan menjaga kepercayaan masyarakat dalam bertransaksi. Rasa aman dan kepercayaan tersebut akan menumbuhkan kembali industri keuangan yang terdampak pada saat pandemi.

Pada tahun ini, OJK mencatat ada 345.000 pengaduan atau sekitar 3.000 pengaduan konsumen per hari. Pengaduan ini melonjak daripada sebelum pandemi. Diyakini bahwa lonjakan ini bukan karena kualitas layanan keuangan menurun, tetapi konsumen yang semakin paham bahwa mereka mempunyai hak mengadu dan mereka paham kemana harus melayangkan pengaduan.

Dalam situasi pandemi, produk dan layanan keuangan merupakan hal krusial. Dalam hal ini, para pemangku sektor keuangan, baik OJK maupun Bank Indonesia, harus bersinergi memberikan pelayanan keuangan dengan cara aksesibel yang mudah diakses serta persyaratan yang fleksibel dan tidak kaku, sehingga produk bisa disesuaikan dengan konsumen dengan biaya yang terjangkau.

Tampak hadir pada acara ini, Plt. Sekda Provinsi Kalteng, Kadis Koperasi dan UKM Provinsi Kalteng, Plt. Kadis Sosial Provinsi Kalteng, Plt. Kepala Biro Ekonomi, Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan, serta mewakili Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalteng.

Pewarta.: Dwi dan Tina
Sumber : Biroadpimprovkalteng/din/bow

Redaksi Palangka News