UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DIIKUTI WAGUB KALTENG SECARA VIRTUAL

UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA DIIKUTI WAGUB KALTENG SECARA VIRTUAL

Palangkanews.co.id || BIRO ADPIM. Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo menghadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual di Aula Jayang Tingang, Lantai II Kantor Gubernur, Selasa (1/6/2021).

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 digelar di halaman Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat. Sedangkan Presiden RI Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara, hadir secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor.

Mengenakan baju adat dari Kabupaten Tanah Bumbu, Presiden Joko Widodo, dalam sambutannya menekankan bahwa Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi,” Presiden mengingatkan.

Dipaparkan Presiden, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi lenskap konstenstasi ideologi, di mana kemudahan yang ditimbulkan oleh perkembangan tersebut bisa digunakan ideolog-ideolog transnasional radikal untuk merambah ke seluruh pelosok Indonesia, ke seluruh kalangan, dan ke seluruh usia, tidak mengenal lokasi dan waktu.

“Kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan distrupsi teknologi ini,” jelas Presiden.

Untuk menghadapi semua ini, menurut Presiden, perlu wawasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila yang harus dilakukan dengan cara-cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0.

“Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-Indonesia-an,” tegas Presiden yang selanjutnya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu-padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang dicita-citakan.

“Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila. Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” pungkas Presiden RI Joko Widodo.

Bertindak sebagai perwira upacara dalam upacara hari ini adalah Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Komando Garnisun I Jakarta. Sedangkan bertindak sebagai komandan upacara dalam upacara ini adalah Kolonel Infantri Muhammad Imam yang kini menjabat sebagai Asisten Operasi Pasukan Pengaman Presiden.

Dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, Ketua MPR Bambang Soesatyo bertugas membacakan Pancasila. Sedangkan Ketua DPR Puan Maharani, membacakan teks Pembukaan UUD 1945.

Upacara Peringatan hari ini dihadiri secara virtual oleh Wakil Presiden RI
K.H. Ma’ruf Amin, Presiden RI Kelima sekaligus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Megawati Soekarno Putri beserta seluruh Anggota Dewan Pengarah, dan Wakil Presiden RI Keenam Tri Sutrisno. Upacara juga dihadiri secara virtual oleh Ketua dan Pimpinan Lembaga-Lembaga Negara, Menteri Kabinet Indonesia Maju, serta para Duta Besar Negara-Negara Sahabat.

Selain itu, Upacara Peringatan kali ini juga dihadiri Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan seluruh jajarannya serta diikuti perwakilan TNI/Polri, tenaga kesehatan, dan pelajar yang hadir secara langsung dengan protokol kesehatan di Gedung Pancasila.

Sementara itu, tampak hadir mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual bersama Wagub Kalteng Edy Pratowo di Aula Jayang Tingang, antara lain Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, Danrem 102/Pjg Brigjen Pol Purwo Sudaryanto, Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, Kepala Kanwil Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalteng Shofrowi, serta Kabag Ops Binda Kalteng Kol Mahmud Riadinata yang hadir mewakili Kabinda Kalteng.

Kemudian, tampak hadir pula di Aula Jayang Tingang hari ini, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Hamka, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalteng Agus Pramono, Kepala Biro Umum Lisda Ariyyana, dan Plt. Kepala Biro Administrasi Pimpinan Indra Wiratama.

Pewarta :. Red pknews
Sumber : Pemprovkalteng/ran/renn/ben

Redaksi Palangka News