Upacara Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kotawaringin Timur, Dipimpin Gubernur Sugianto Sabran

Upacara Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kotawaringin Timur, Dipimpin Gubernur Sugianto Sabran

Palangkanews co id // Kabupaten – Sampit – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran memimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kotawaringin Timur, bertempat di Halaman Stadion 29 November Sampit, Minggu (7/1/2024).

Dalam amanatnya Gubernur Kalteng menyampaikan pertumbuhan APBD Prov. Kalteng sejak pertama kali ia menjabat sebagai Gubernur Kalteng pada Tahun 2015 diawali sebesar Rp. 3,74 Triliun, angka ini terus naik hingga pada Tahun 2024 ini APBD Prov. Kalteng mencapai Rp. 8,6 Triliun. Seiring dengan peningkatan Pendapatan Asli Daerah ditargetkan APBD Kalteng pada Tahun 2025 dapat menyentuh angka Rp. 10 Triliun lebih.

“Kita patut berbangga, karena Kalimantan Tengah merupakan satu-satunya Provinsi yang mencatatkan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan se-Pulau Kalimantan. Pencapaian ini tentunya tidak lepas dari kerja keras dan sinergi kita bersama termasuk Pemerintah Daerah, Bank Indonesia, dan berbagai pihak dalam mengawal inflasi tetap rendah”, kata Gubernur.

Disampaikan Gubernur bahwa keberhasilan dalam menghadapi inflasi di Prov. Kalteng dilakukan melalui sinergisitas untuk melaksanakan berbagai program strategis berupa pelaksanaan pasar penyeimbang, Gerakan Tanam Babe Berkah, Pemberian Stimulus untuk UMKM dan Instrumen kebijakan- kebijakan lainnya berhasil dilaksanakan hingga saat ini.

Sebagai informasi, inflasi Kalteng menjadi Inflasi urutan ke-8 terendah secara nasional yakni mencapai angka 2,58%. Capaian Makro Pembangunan Prov. Kalteng lainnya adalah tingkat Kemiskinan yang mencapai angka 5,11 persen pada Juli 2023, lebih rendah (lebih baik) dari Capaian Nasional yakni 9,36 persen dan menduduki urutan ke-5 Nasional Provinsi dengan penduduk miskin paling sedikit.

Lebih lanjut disampaikan, Pemprov Kalteng hingga saat ini masih berfokus pada penyediaan infrastruktur yang layak, peningkatan aksestabilitas jalan, peningkatan desa berlistrik, Pembangunan Rumah Sakit Rujukan RS Hanau, Revitalisasi RSUD dr. Doris Sylvanus untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, Pembangunan Landmark Bundaran Besar sebagai ikon kebanggaan Kalimantan Tengah, rencana Pembangunan Universitas unggulan baru di Kalteng untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat sehingga semakin banyak masyarakat Kalteng dapat melanjutkan pendidikan pada tingkat Perguruan Tinggi.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati Kotawaringin Timur beserta Wakil Bupati dan seluruh jajaran atas kerja keras dan berbagai capaian positif pembangunannya. Sebagaimana diberitakan, capaian tersebut antara lain, berhasil diraihnya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI sembilan kali berturut-turut, dan peringkat pertama pelaksanaan 8 aksi konvergensi stunting Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dari tahun 2019 sampai 2023. Sehingga berkontribusi positif terhadap capaian angka stunting di Kalimantan Tengah sehingga mencapai angka 26,9 berdasarkan hasil SSGI Tahun 2022.

Gubernur juga mengungkapkan beberapa capaian pembangunan khususnya dalam pemenuhan Standar Pelayanan Minimum untuk masyarakat Kabupaten Kotawaringin Timur dapat dipenuhi dengan baik khususnya pada sektor Infrastruktur Konektivitas melalui pemeliharaan berkala dan peningkatan jalan pada keseluruhan 7 ruas jalan di Kotawaringin Timur pada tahun 2022-2023 dengan total senilai Rp. 345 Milyar pada pemeliharaan Berkala Ruas jalan Sampit – Samuda – Ujung Pandaran – Kuala Pembuang. Selain itu juga, peningkatan Jalan Ruas jalan pelantaran Parenggean- Tumbang Sangai- Tumbang Kalang serta peningkatan Jalan Ruas Jalan Pelantaran – Parenggean.

Adapun pada Tahun 2024 melalui dana reguler telah dianggarkan sebesar Rp. 302 Milyar dengan target efektif panjang jalan sepanjang 60 KM. Untuk sektor Pendidikan baik melalui Pembangunan dan penyaluran bantuan pendidikan mencapai Rp.52 Milyar dan sektor Pertanian melalui pembangunan RMP di Lempuyang dengan total senilai Rp.20 Milyar dan Pembangunan Pabrik Pakan Ternak senilai Rp. 25 Milyar.

“Kita semua berharap keberadaan pabrik ini dapat menjadi katalisator untuk menyerap tenaga kerja lokal, yang akhirnya akan mengangkat kesejahteraan masyarakat Kotawaringin Timur dan Kalimantan Tengah pada umumnya”, ungkapnya.

Ia berpesan dalam menghadapi Pesta Demokrasi Serentak Tahun 2024 sebentar lagi, agar bersama-sama menyukseskan Pesta Demokrasi Tahun 2024 tersebut.

“Mari kita berpartisipasi aktif dan mengawal Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024, agar dapat berlangsung dengan baik, jujur, adil, aman, damai, dan kondusif”, pungkasnya.

Rangkaian Hari Jadi ke-71 Kabupaten Kotawaringin Timur, dilakukan hibah Peralatan Pengendalian Hutan dan Lahan untuk Kabupaten Kotawaringin Timur yang bersumber dari APBD Prov. Kalteng sumber Dana DPA SKPD Dinas Kehutanan Prov. Kalteng senilai Rp. 6.418.432.000.

Turut hadir Anggota DPR RI yang juga Ketua Umum DAD Prov. Kalteng H. Agustiar Sabran, Ketua TP-PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor, Wakil Bupati Kotawaringin Timur Irawati, Unsur Forkopimda Kabupaten Kotawaringin Timur, Bupati, Pj. Bupati, dan Pj. Wali Kota se-Kalteng atau yang mewakili, Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur periode sebelumnya, Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal di Prov. Kalteng dan Kabupaten Kotawaringin Timur, serta Para Sesepuh, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, dan Tokoh Pemuda Kabupaten Kotawaringin Timur.

Publikasi.  : Ariyanto

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News