Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Menggelar Acara Pelepasan 25 Mahasiswa KKN di Barito Selatan

Universitas Gadjah Mada Yogyakarta Menggelar Acara Pelepasan 25 Mahasiswa KKN di Barito Selatan

Palangkanews.co.id # Buntok – Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM) menggelar acara pelepasan 25 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2024 di Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah. Akan melaksanakan KKN di empat desa wilayah Kecamatan Dusun Selatan, yaitu Desa Baru, Desa Danau Ganting, Desa Taluk Talaga, dan Desa Muara Talang.

Acara yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Barito Selatan, di bumi yang berjuluk Dahani Dahanai, Tuntung Tulus, jalan pelita raya di Buntok. Minggu 30 Juni 2024 pagi. Yang dihadiri para pejabat daerah, dengan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD), dan beberapa kepala desa beserta tokoh masyarakat.

Acara tersebut di pimpin langsung Penjabat (Pj) Bupati Barito Selatan Dr.H. Deddy Winarwan yang diwakili oleh Asisten III Drs. Mirwansyah, MA, dalam sambutan pidatonya ia mengucapkan terima kasih atas kepercayaan UGM yang telah memilih wilayahnya sebagai lokasi KKN.

“Saya atas nama Pemerintah Daerah, dan masyarakat Kabupaten Barito Selatan mengucapkan terima kasih kepada Rektor Universitas Gadjah Mada yang menempatkan mahasiswa KKN di wilayah Barsel”

“Sehingga kehadiran mahasiswa ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, dan kesejahteraan masyarakat, serta membantu mengatasi permasalahan seperti stunting dan kemiskinan ekstrem,” ujar Mirwansyah.

Karena mahasiswa KKN, yang terdiri dari enam orang per desa, akan berperan aktif dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat dengan fokus pada penurunan angka stunting dan kemiskinan ekstrem di desa-desa.

Kami dari Pemkab Barsel juga mengharapkan agar dapat melakukan identifikasi masalah yang ada di masyarakat untuk menjadi bahan masukan perbaikan di masa mendatang terkait perekonomian masyarakat, peningkatan kualitas Kesehatan, peningkatan kualitas pendidikan, dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Oleh sebab itu kami juga berharap agar mahasiswa KKN dapat meningkatkan kepedulian dan empati masyarakat terhadap kondisi pemulihan perekonomian yang kita hadapi bersama,” ujarnya.

Sebagai kaum intelektual dan pembaharu, mahasiswa dituntut untuk memperkaya diri dengan berbagai pengetahuan dan meningkatkan kualitas, sehingga dapat memberikan kontribusi pemikiran yang bisa mencapai kesuksesnya dalam pelaksanaan pembangunan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan melalui KKN
bisa diharapkan dapat mengarahkan mahasiswa menjadi sarjana pendamping masyarakat dan pemberdayaan masyarakat desa.

Disamping itu juga Dr. rer. nat. dr. Bernadette Josephine Istiti Kandarina, perwakilan dari Universitas Gadjah Mada, menambahkan maksud dan tujuan kehadiran mahasiswa KKN ini adalah bertujuan untuk meningkatkan SDM dan membantu perekonomian serta kesejahteraan desa-desa di Kabupaten Barsel.

“Harapan kita kepada mahasiswa UGM ini bisa melaksanakan KKN ke desa-desa dengan tujuan berkarya untuk bangsa dan negara,” ujarnya.

Dr. rer. nat. dr. Bernadette Josephine Istiti Kandarina, sebelum mengakhiri pidatonya ia berpesan kepada mahasiswa agar bisa mengembangkan ilmu supaya semakin kreatif dan inovatif, sehingga dapat memberikan kontribusi positif untuk percepatan penggalian dan pemanfaatan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia daerah pedesaan untuk kemajuan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Barito Selatan.

Pewarta : H. Assjian.

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News