UMPR Buka Kampus di IKN Penugasan Presiden RI

UMPR Buka Kampus di IKN Penugasan Presiden RI

Palangkanews co.id // Palangka Raya – Universitas Muhammadiyah Palangkaraya siap melaksanakan penugasan dari Presiden RI Joko Widodo untuk membuka kampus  untuk kegiatan akademik dan riset di dalam kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“UMPR siap tindak lanjut arahan Presiden bersamaan dua kampus Muhammadiyah lainnya yaitu Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT),” ucap Rektor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) Assoc.Prof.Dr.Muhamad Yusuf,S.Sos,M.AP dalam jumpa press di kampus-4 UMPR di Jl Anggrek PCPR Palangka Raya, Senin (1/07/2024).

Majelis Pendidikan Tinggi dan Penelitian Pengembangan Pimpinan Pusat Muhammadiyah secara khusus pada 27 Mei 2024 mengundang rapat zoom Rektor UMPR dengan jajaran, agenda finalisasi Pembukaan Program Studi S3 Doktor Administrasi Publik (DAP) dan Program Studi S3 Doktor Ilmu Pendidikan (DIP) serta penyampaian penugasan pembukaan kegiatan akademik, penelitian, perkuliahan dengan membuka kampus di IKN.

Ketua Majelisdiktilitbang PP Muhammadiyah Prof.Dr.Bambang Setiadji menyampaikan bahwa Presiden menugaskan Menteri Koordinator Pembangunan Sumber Daya Manusia dan kebudayaan (Menko PMK) agar mendorong Perguruan Tinggi Muhammadiyah berativitas di IKN, dan selanjutnya diarahan UMM Malang  sebagai  kampus unggul, serta UMKT Samarinda dan UMPR Palangka Raya yang disiapkan sebagai kampus unggul tahun 2025.

Pembukaan kampus di IKN melaui skema khusus penugasan dari Pemerintah Pusat seperti proses pemberian izin operasional Prodi dan lainnya, UMPR akan memanfaatkan kepercayaan tersebut untuk dapat berkontribusi dalam penguatan IKN sebagai “wajah baru Indonesia” di dunia  Internasional.   

Menurut Dr Yusuf, UMPR juga terus melengkapi semua standar menuju kampus unggul bersamaan pembukaan Fakultas Kedokteran, Pembukaan Program S3 Doktor, menambah Prodi Program S2 Magister beberapa bidang ilmu, menambah Prodi S1 Sarjana yang dibutuhkan dunia kerja yang terus berkembang dan membutuhkan kompetensi tertentu.

Tiga Program awal yang disiapkan untuk kampus UMPR di IKN yaitu Program S3 Doktor Administrasi Publik (MAP), Program S2 Magister Pertanian dengan Konsentrasi Lahan Gambut, dan Program S1 Sarjana  Teknik Pertambangan Konsentrasi Keseimbangan Lingkungan.

UMPR juga terus memperluas jangkauan Sekolah Vokasi yang saat ini 10 bidang kompentensi hingga dapat diakses masyarakat Kalteng hingga pedesaan dan yang tinggal di daerah pedalaman.

Rektor UMPR Dr Yusuf juga menyampaikan apreasiasi tinggi terhadap Gubernur Kalteng Sugianto Sabran melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng yang mengamanahkan UMPR untuk melaksanakan kebijakan menjadikan 1.000 sarjana warga Kalteng setiap tahun dengan target seluruh warga Kalteng lulusan SLTA sudah sarjana pada 10 tahun ke depan.    

UMPR saat ini sedang menyosialisasikan Program Sarjana warga Kalteng tersebut ke sekolah-sekolah, lingkungan masyarakat perkotaan maupun daerah pedesaan dan pedalaman agar dipastikan seluruh warga di provinsi ini bisa mengakses pendidikan tinggi tanpa terkendala masalah kesuliatan pendanaan keluarga.

Penjabat Bupati dan Walikota se-Kalteng juga berkomitmen untuk mengatasi kesulitan warga di daerah masing-masing untuk mengakses pendidikan tinggi, yang juga mengalokasikan anggaran untuk pembiayaan kuliah dan mengikuti program Sekolah Vokasi UMPR.

publikasi. : Titin

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News