Tradisi Mangenta Pecahkan Rekor MURI dengan Peserta Terbanyak

Tradisi Mangenta Pecahkan Rekor MURI dengan Peserta Terbanyak

Palangkanews.co.id /// Kota Palangka Raya-Mangenta pecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori peserta terbanyak bertempat di Area Terbuka Bundaran Besar Kota Palangka Raya, Minggu (22/5/2022).

Mangenta merupakan proses mengolah Kenta yang merupakan makanan tradisional suku Dayak Kalimantan Tengah berupa beras ketan yang disangrai dan ditumbuk dalam lesung. Dalam penyajiannya Kenta dicampur air panas dan taburan parutan kelapa.

Awan Rahargo selaku Senior Manager MURI mengatakan, tradisi Mangenta ini merupakan kegiatan pertama kali masuk MURI. Artinya seberapapun peserta yang ikut ambil bagian tentu saja tercatat sebagai rekor MURI.

Tradisi Mangenta Pecahkan Rekor MURI dengan Peserta Terbanyak

“Harapannya ke depan ketika Mangenta sudah diperkenalkan hari ini bisa meluas dan nantinya bisa diselenggarakan pada kesempatan yang akan datang dengan peserta lebih banyak lagi. Untuk prosesi Mangenta itu sendiri teryata tidak semua orang bisa, hanya mereka atau beliau para petani dari Suku Dayak yang memang terbiasa dengan tradisi ini yang disandingkan saat musim raya panen padi,” ucapnya

Awan menambahkan melalui kegiatan Mangenta pada hari ini, dapat memperkenalkan kembali kepada generasi muda milenial seperti apa prosesi Mangenta sendiri.

“Hari ini tradisi Mangenta tercatat di rekor MURI. Berapapun pesertanya akan sudah pasti dinyatakan sebagai rekor karena belum pernah ada di Indonesia,” pungkas Awan Rahargo.

pewarta. : Tim Pknews

Redaksi Palangkanews

Redaksi Palangkanews