Touring Peduli Covid-19 dan Siaga Karhutla, Wagub Kalteng Dan Forkopimda.

Touring Peduli Covid-19 dan Siaga Karhutla, Wagub Kalteng Dan Forkopimda.

Palangkanews.co.id || Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya ikuti Touring Peduli Covid-19 dan Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bersama Unsur Forkopimda Provinsi (Prov) Kalteng, Sabtu (13/03/2021).

Touring siaga karhutla ini bertujuan untuk mengecek kesiapsiagaan posko-posko siaga karhutla yang ada di Kabupaten – Kabupaten baik sarana prasarana maupun personel yang akan diterjunkan secara langsung memadamkan api di tkp.



Tim touring siaga karhutla dilepas secara langsung oleh Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Lobi Mapolda Kalteng. Dalam Touring Kali ini diikuti Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo, Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kabinda Kalteng Brigjen Pol. Drs. Slamet Urip Widodo serta pejabat utama Polda Kalteng.

Beberapa lokasi yang dilakukan pengecekan oleh Wakil Gubernur Kalteng diantaranya posko siaga karhutla yang ada di wilayah hukum Kota Palangka Raya yakni Posko Karhutla Kelurahan Kelampangan Kecamatan Sebangau Kota Palangka Raya. Selain itu, Wakil Gubernur Kalteng juga mengunjungi Posko Karhutla yang ada di Kabupaten Katingan serta mengunjungi posko Karhutla Polres Kotawaringin Timur yang berada di Jalan Pelita Lingkar Luar Sampit.

Saat berada di Kabupaten Katingan, Wakil Gubernur Kalteng bersama rombongan menyempatkan diri melaksanakan Sholat Dzuhur di Masjid Ainul Yaqin. Usai melaksanakan Sholat Dzuhur, Habib Ismail Bin Yahya menyerahkan bantuan Masker kepada Pengurus Mesjid Ainul Yaqin Kabupaten Katingan.

Disela-sela perjalanan touringnya, Wakil Gubernur menyampaikan agar peningkatan infrastruktur monitoring dilakukan sampai tingkat Desa dan RT/RW. Habib Ismail Bin Yahya juga mengajak seluruh Tokoh Adat, tokoh Agama, tokoh masyarakat untuk bisa mengedukasi masyarakat akan bahaya Karhutla.

Habib Ismail Bin Yahya mengatakan, saat ini Kabupaten Kotawaringin Barat telah berstatus siaga darurat.

Wagub Kalteng Bersama Forkopimda Lakukan Touring Peduli Covid-19 dan Siaga Karhutla

“Kita harapkan Kotawaringin Timur andaikata ada sesuatu, jangan ragu-ragu untuk menetapkan status siaga tersebut”, ucap Habib Ismail Bin Yahya.

Hal tersebut dikatakan oleh Habib Ismail Bin Yahya sebagai upaya antisipasi lebih dini. Adapun Daerah yang paling rawan terjadi bencana Karhutla yakni Kabupaten Kotawaringin Barat, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau.

Habib Ismail Bin Yahya mengharapkan di Tahun 2021 ini, kesiapan dini dari seluruh komponen Pemerintah serta masyarakat dapat bekerjasama bersatu padu untuk mencegah Karhutla dengan kesadaran masing-masing.

“kita akan merangkul tokoh agama, tokoh adat dan masyarakat bersama-sama untuk bisa mengedukasi para masyarakat kita agar waspada terhadap karhutla”, pungkasnya.

Sementara itu, Kapolda Kalteng Irjen Pol. Dedi Prasetyo yang menginiasi kegiatan Touring Peduli Covid-19 dan Siaga Karhutla ini mengatakan bahwa pihaknya diberbagai kesempatkan telah menghimbau kepada seluruh Kepala Daerah agar menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan.

“Kita harus disiplin dan ketat terhadap protokol kesehatan”, tutur Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengharapkan dengen kesiapsiagaan yang di siapkan sejak dini, personel di posko karhutla menjadi sangat siap jika nanti terjadi karhutla di Prov. Kalteng. Irjen Pol. Dedi Prasetyo mengutarakan selain melakukan pengecekan kesiapsiagaan personel di Posko, tim touring juga membagikan paket sembako 200, masker 200 Bok serta 200 vitamin.

Pewarta : Lisa pknews Kalteng
Sumber : Biro Adpim Setda Kalteng/
Wdy/WN/ Pknews.

Redaksi Palangka News