Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kalimantan Tengah Semakin Meningkat

Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 di Kalimantan Tengah Semakin Meningkat

Palangkanews.co.id – BIRO PKP. Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran selaku Ketua Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah melalui Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas menyampaikan Press Release mengenai perkembangan penanganan pandemi Covid-19 sampai dengan pukul 15.00 WIB di Kalimantan Tengah, Jumat (17/07/2020).

Dalam press release hari ini, Gubernur menyampaikan perubahan terminologi terkait tata laksana Covid-19 yang dikenal selama ini. Pada kesempatan ini dijelaskan mengenai definisi kontak erat. Kontak erat dimaknai sebagai orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus konfirmasi Covid-19 atau kasus probable yang kemudian memenuhi beberapa kriteria diantaranya, yaitu: Pertama, kontak itu merupakan kontak dekat, tatap muka tanpa perlindungan, tanpa menggunakan masker, tanpa menggunakan face shield dengan kasus konfirmasi atau kasus probable pada jarak kurang dari 1 meter dan dalam waktu lebih dari 15 menit.

Kedua, adalah orang yang melakukan sentuhan fisik secara langsung dengan kasus konfirmasi positif atau probable, misalnya bersalaman, berpegangan tangan, atau yang lain-lain. Berikutnya adalah orang-orang yang memberikan perawatan langsung terhadap kasus probable atau kasus konfirmasi tanpa menggunakan APD yang memenuhi syarat, ini pun juga masuk dalam kriteria kelompok kontak dekat.

admin

admin