Tingginya Angka Pengangguran Karena SDM yang Belum Siap, Ini Kata Wapres Ma’ruf Amin

Tingginya Angka Pengangguran Karena SDM yang Belum Siap, Ini Kata Wapres Ma’ruf Amin

Palangkanews.co.id / Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin menegaskan angka pengangguran masih tergolong tinggi karena ketidaksiapan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi disrupsi perkembangan teknologi saat ini.

“Faktor kualitas sumber daya manusia menjadi kunci untuk memenangkan persaingan global, yang jika didukung oleh tenaga kerja yang berkualitas dan terampil,” kata Wapres.

Hal tersebut disampaikan Wapres pada Kick Off Pengembangan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas Pengembangan Sumber Daya Manusia Kompeten di Papua dan Papua Barat, bertempat di Kampus Papua Alom Yayasan Global Mission International Indonesia (GMII) , Sentani, Jayapura, Sabtu (16/10/21) lalu dipublikasikan 19/10/21

Meski demikian, Wapres optimis kehadiran BLK Komunitas mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan menjadi landasan yang kuat dalam rangka pemberdayaan masyarakat Papua.

“BLK Komunitas merupakan salah satu tonggak penting, landasan bagi masa depan Papua dalam menciptakan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di tanah Papua yang besar ini,” kata Wapres optimis.

Wapres berharap melalui BLK Komunitas ini masyarakat dapat lebih mudah mengakses lembaga pelatihan kerja sehingga dapat meningkatkan jumlah individu yang berkualitas.

“Saya berharap pengembangan BLK Komunitas dapat diperluas, sehingga lebih banyak lagi orang yang memiliki akses ke lembaga pelatihan kerja,” tambah Wapres.

Wapres mengakui Papua memiliki banyak talenta unggul dari berbagai bidang yang masih belum digali dan dikembangkan, sehingga diperlukan wadah bagi masyarakat untuk mengasah kemampuannya.

Wapres menegaskan untuk mewujudkan tenaga kerja yang handal, Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian, sehingga diperlukan keterlibatan pemerintah daerah, swasta, akademisi, organisasi kemasyarakatan, termasuk lembaga keagamaan yang tersebar di berbagai pelosok daerah.

“Saya memberikan apresiasi kepada Kementerian Ketenagakerjaan yang telah mengambil peranan penting dalam peningkatan kompetensi SDM melalui pembangunan BLK Komunitas dan Transformasi BLK.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyampaikan pemerintah bertekad membangun segala sudut yang belum terjangkau, salah satunya melalui pembangunan BLK, sehingga adanya BLK ini menjadi wadah bekerja dan meningkatkan kemampuan diri.

“Kemenaker bertujuan mendekatkan dan mempermudah akses pelatihan masyarakat. Pembangunan BLK ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi masyarakat Papua, khususnya di bidang keperawatan untuk selanjutnya dapat memperoleh pekerjaan, baik di dalam maupun luar negeri,” ucap Ida.

Acara dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, Ketua FKUB Papua Lipiyus Biniluk, serta para perwakilan tokoh agama dan tokoh adat.

Turut mendampingi Wapres pada acara tersebut Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Pewarta. : Meggy pknews Jakarta.
Sumber. : Poskota/Gelora co.

Redaksi

Redaksi