Tanggulangi Karhutla Polda Kalteng Gelar Lomba Damkar Fortable.

Tanggulangi Karhutla Polda Kalteng Gelar Lomba Damkar Fortable.

Palangkanews.co.id – Polda Kalteng – Memperingati Hari Bhayangkara ke-74, Polda Kalteng menggelar beberapa perlombaan, baik yang sifatnya internal maupun lomba yang diikuti oleh masyarakat

Seperti saat ini, Polda Kalteng melalui Direktorat Pembinaan Masyarakat (Ditbinmas) mengadakan Lomba Damkar Mobile atau Fortable di Mapolda Jalan Tjilik Riwut Km 1 Palangka Raya, Rabu (24/6/2020) pagi.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dr Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M melalui Dirbinmas Kombes Pol Ebet Gunandar, S.I.K mengatakan, Lomba Damkar Fortable tersebut terdiri dari tiga kategori.

“Damkar Fortable adalah alat atau kendaraan pemadam kebakaran modifikasi yang bisa dibawa kemana-kemana dan bisa melewati medan sempit. Ada tiga kategori yang kami lombakan. Kategori Polri yaitu antar Bhabinkamtibmas, kategori TNI antar Babinsa dan kategori umum, antar masyarakat pemadam api,” jelasnya.

Ebet mengungkapkan, setiap Polres jajaran Polda Kalteng mengikuti tiga kategori tersebut. Ada unsur Polri, TNI dan masyarakat dengan membawa kendaraan pemadam api sendiri-sendiri.

“Masing-masing peserta lomba memodifikasi kendaran roda dua, roda tiga maupun roda empat. Sehingga kendaraan tersebut bisa digunakan untuk memadamkan kebakaran hutan maupun lahan dengan kondisi medan yang sulit terjangkau dengan mobil pemadam,” beber Ebet.

Pada Kesempatan yang sama Kabid Humas Humas Polda Kalteng Kombes Pol Hendra Rochmawan SIK MH mengatakan bahwa tujuan diadakan lomba ini agar Bhabinkamtibmas, Babinsa dan masyarakat mempunyai inovasi dalam menanggulangi Karhutla.

“Yang dinilai antara lain, keefektifan alat pemadam kebakaran, kemampuannya dalam memadamkan api, kekompakkannya dan lain-lain,” pungkasnya.

Pewarta. : Lisa/Tim
Sumber. : Kabidhumas Polda Kalteng.
Editor. : Pknews.co.id

Redaksi Palangka News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *