Sumpah Jabatan Sekda Kabupaten Kotim, Disaksikan Sekda Kalteng

Sumpah Jabatan Sekda Kabupaten Kotim, Disaksikan Sekda Kalteng

Palangkanews.co.id | Kotawaringin Timur – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) Fahrizal Fitri mewakili Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menjadi Saksi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Kotawaringin Timur (Kab. Kotim). Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah dilangsungkan terpusat di Aula Anggrek Tebu lt. II Kantor Bupati Kotim, Senin (15/02/2021).

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pj. Sekda Kab. Kotim Akhmad Husain dilakukan langsung oleh Bupati Kotim H. Supian Hadi disaksikan oleh Sekda Prov. Kalteng Fahrizal Fitri, dalam hal ini mewakili Gubernur H. Sugianto Sabran. Pengangkatan Pj. Sekda Kab. Kotim berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Kalteng Nomor : 800/40/II.1/BKD Tanggal 29 Januari 2021 ditetapkan di Palangka Raya oleh Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran tentang Pengangkatan Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur, selanjutnya menetapkan Akhmad Husain sebagai Pj. Sekda Kab. Kotim.



Dengan demikian, maka Terhitung Mulai Tanggal (TMT), maka seluruh wewenang serta tanggung jawab pekerjaan beralih dari Pj. Sekda Kab. Kotim yang sebelumnya diemban oleh H. Suparmadi kepada Pejabat baru sampai dengan Pejabat Definitif diangkat dan dilantik.

Sekda Kalteng Jadi Saksi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Penjabat Sekda Kabupaten Kotawaringin Timur
Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri saat membacakan Sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran

Rangkaian Pelantikan dan Pengambilan Sumpah dimulai dengan Pembacaan Surat Keputusan Gubernur Kalteng, dilanjutkan dengan Pembacaan Naskah Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan oleh Bupati Kotim. Selanjutnya, penandatanganan Berita Acara Sumpah Jabatan oleh Pejabat yang dilantik, saksi dan Bupati Kotim. Diakhiri dengan serah terima Jabatan Pj. Sekda antara Pejabat Lama H. Suparmadi kepada Pejabat Baru Akhmad Husain.

Sekda Prov. Kalteng Fahrizal Fitri saat menyampaikan arahan Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan Pelantikan hari ini menjadi penting karena Pj. Sekda mempunyai tugas strategis, yaitu membantu Kepala Daerah dalam hal ini Bupati Kotim dalam menyusun kebijakan dan pengordinasian administratif pelaksanaan tugas Perangkat Daerah, serta pelayanan administratif sampai dengan adanya Pj. Sekda Kab. Kotim yang definitif. Disamping itu juga, Pj. Sekda harus dapat memastikan program-program prioritas Pemerintah Kabupaten/Kota.

Sekda Kalteng Jadi Saksi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Penjabat Sekda Kabupaten Kotawaringin Timur
Bupati Kotim H. Supian Hadi saat menyampaikan Sambutannya

Fahrizal Fitri menegaskan Pj. Sekda harus dapat memastikan program-program prioritas Pemerintah Kab. Kotim agar dapat berjalan sesuai dengan perencanaan.

Sementara itu, Bupati Kotim H. Supian Hadi dalam Sambutannya menyampaikan harapan kepada Pj. Sekda yang baru agar dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Karena Penjabat Sekretaris Daerah mempunyai kewenangan yang sama seperti Sekretaris Daerah definitif dimana mempunyai tugas yang strategis yaitu membantu Kepala Daerah/Bupati dalam menyusun kebijakan dan mengkoordinasikan Perangkat Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan, Administrasi, Organisasi dan Tatalaksana serta memberikan pelayanan Administratif kepada seluruh Perangkat Daerah”, jelas Bupati Kotim H. Supian Hadi.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kotim H. Supian Hadi mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setingi-tingginya kepada Pj. Sekda sebelumnya H. Suparmadi yang telah mengemban tugas sebagai Pj. Sekda Kab. Kotim dengan sangat baik.

“Dimana beliau mampu menjalankan dan memberikan dukungan maksimal terhadap jalannya roda Pemerintahan di Kab. Kotim terutama dalam penyelenggaraan Pilkada dan Penanganan Covid-19”, imbuhnya.

Diakhir Sambutannya, Bupati Kotim H. Supian Hadi juga mengucapkan Selamat bagi Pj. Sekda Akhmad Husain yang baru dilantik.

“Saya yakin dan percaya bahwa Saudara mampu melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang dipercayakan oleh Pemerintah dengan sebaik-baiknya”, pungkasnya.

Turut hadir Wakil Bupati Kotim Taufiq Mukri, Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu dan Forkopimda Kab. Kotim.

Pewarta. : Abdul Rasyid
Sumber. : Biro adpimprovkalteng

Redaksi Palangka News