Solidaritas : DPD AWPI.Kalteng Dukung Pengaduan Kekerasan Jurnalis Ke Polres Lampung Utara.

Solidaritas : DPD AWPI.Kalteng Dukung Pengaduan Kekerasan Jurnalis Ke Polres Lampung Utara.

Palangkanews.co.id – Ketua DPD Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Kalimantan Tengah Sesalkan perbuatan oknum JB, Ketua Panitia Bupati Cup 2020 terhadap Ardi Yohaba, Wakil Ketua DPC AWPI Lampung Utara yang juga sebagai jurnalis di salah satu stasiun televisi swasta nasional (Indosiar).

Aksi perampasan kamera hingga upaya pemukulan yang dilakukan JB terhadap Ardi Yohaba, merupakan bentuk yang menghalangi seorang jurnalis.

“Apa yang dilakukan JB terhadap Ardi Yohaba merupakan tindakan yang sangat tidak terpuji, seharusnya JB bisa memberikan penjelasan dengan otak dingin bukan arogan seperti itu preman”, ujar Hadriansyah.

Seorang jurnalis bila sudah menunjukan identitasnya dan diliat dari baju apa yang dipakai kesatuan medianya itu sudah lengkap, jurnalis memang pencari data informasi dan konfimasi agar beritanya berimbang, seharusnya lah JB bisa menjawab dengan tenang permasalah skor, menjelaskan dengan riil.

Jurnalis/ wartawan apa yang di dengarnya didapatnya informasi yang akurat itulah yang ditulisnya muncul berita. Bukan memberikan klarifikasi atas pertanyaan yang ditanyakan, ia malah merampas kamera bahkan melayangkan bogem mentah hingga mengenai pelipis mata Ardi.

Sebab, wartawan dalam melaksanakan tugasnya (mencari, mendapatkan, mendokumentasikan informasi, gambar dan rekam gambar) dilindungi oleh UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers.

“Pasal 18 Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 ini sangat jelas. Disebutkan, setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi, dipidana dengan pidana penjara paling lama dua tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta,”

Selanjutnya saya mendukung Defri Zan yang juga sebagai pemilik dari media Gerbang Sumatera88. Dan wakil.ketua DPC AWPI.Lampung laporkan saudara JB Kepolres Lampung Utara

Kami DPD AWPI Kalteng mengutuk keras kejadian jurnalis AWPI di Lampung yang menimpa Ardi, tuntut sampai tuntas bila mandek di Polres lanjutkan ke Polda bila juga mandek lanjutkan ke Kapolri agar jurnalis/Wartawan tidak dianggap barang kalengan.

Pewarta : Tim Red
Sumber. : DPC. AWPI. Lampung Utara
Ed/.Ad. : Syaiful.

admin

admin