SMSI Kalteng-Kalsel Sepaham Bentuk Korwil Hingga Bantu Magang Mahasiswa 

SMSI Kalteng-Kalsel Sepaham Bentuk Korwil Hingga Bantu Magang Mahasiswa 

SMSI Kalteng-Kalsel Sepaham Bentuk Korwil Hingga Bantu Magang Mahasiswa 

Palangkanews.co.id # Banjarmasin-  Kunjungan silaturahmi pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalimantan Tengah (Kalteng) mendapat sambutan baik dari pengurus SMSI Kalimantan Seatan (Kalsel) dan jajaran. Pertemuan tersebut menghasilkan sejumlah kesepahaman penting, mulai dari penguatan organisasi hingga pengembangan sumbr daya manusia (SDM), khususnya kemahasiswaan.

Pada kunjungan ke Sekretariat SMSI Kalsel di Banjarmasin, Jumat (28/1/2023) malam itu, rombongan SMSI Kalteng dipimpin langsung Ketua H Sutransyah, didampingi Ketua Dewan Penasehat H Noorivansyah dan Yulidawarni, Sekretaris  Irwansyah, Koordinator Bidang Edwandani, dan sejumlah pengurus lainnya.

Rombongan disambut hangat Ketua SMSI Kalsel Anang Fadhilah, Anggota Dewan Penasehat dan Pembina DRS H Gerilyansyah Basrindu dan Drs Munawar Khalil, Ketua SMSI Kota Banjarmasin Adam Nugraha Wiradhana, dan jajaran. 

Bahkan, secara khusus pengurus SMSI Kalsel menampilkan kesenian Madihin untuk mengawali pertemuan kedua pihak malam itu.

Pada sesi diskusi, dibahas sejumlah gagasan dalam rangka penguatan organisasi dan pengembangan perusahaan media persi siber anggota SMSI dari kedua provinsi bertetangga ini.

Pada poin penguatan organisasi, gagasan Kalteng untuk membentuk kaukus atau forum komunikasi SMSI regional Kaliamantan mendapat penerimaan yang baik dari SMSI Kalsel. 

Ketua SMSI Kalsel Anang Fadhilah memberikan masukan agar forum tersebut dibentuk sebagai Koordinator Wilayah (Korwil) SMSI Kalimantan dengan anggota dari perwakilan lima provinsi di regional ini.

“Korwil ini merupakan upaya penguatan kelembagaan kita bersama seiring pembentukan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Segera kita bentuk wadah komunikasi dengan melibatkan rekan-rekan dari Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Barat,” kata Anang Fadhilah.

Selanjutnya, dalam upaya pemberdayaan perusahaan pers siber anggota SMSI, dijajaki pula pengembangan newsroom bersama yang akan memudahkan suplai informasi bagi setiap media dari berbagai daerah.

Kita upayakan membentuk Bank Berita, rekan-rekan media bisa mengambil atau membagikan berita yang dapat kita terbitkan di media masing-masing dengan ketentuan yang kita sepakati bersama,” kata Ketua SMSI Banjarmasin Adam Nugraha.

Pada kesempatan itu, Adam juga menyebut pengurus SMSI Kalsel dan kabupaten/kota di ‘Banua” terus mengembangkan kerja sama dengan lembaga pendidikan setempat dalam rangka program Kampus Merdeka. 

Salah satu bentuknya adalah memfasilitasi magang para mahasiswa dari berbaga perguruan tinggi untuk magang di perusahaan pers siber anggota SMSI.

“Di pertemuan ini kami juga bertitip pesan ke SMSI Kalteng, kalau ada mahasiswa Kalteng yang ingin magang di perusahaan pers di Kalsel, kami siap menerima,” sebut Adam.

Undangan magang yang disampaikan Ketua SMSI Kota Banjarmasin itu mendapat dukungan dari Ketua SMSI kalteng H Sutrasnyah.

“Kami akan sampaikan ke perguruan tinggi di Kalteng. Kebetulan kami menjalin komunikasi yang baik dengan Rektorat Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) dan perguruan tinggi lainnya di Kalteng,”    kata Sutransyah.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan tukar cinderamata antar kedua kepengurusan SMSI Kalteng dan Kalsel.

Silaturahmi dan kaji banding SMSI Kalteng akan berlanjut dengan kunjungan ke kantor redaksi Banjarmasin Post.co.id (TRIBUNNews.com) Sabtu (28/1/2023), sore nanti.

Pewarta. : Tim pknews 

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News