SMPN 6 Menggelar Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

SMPN 6 Menggelar Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Palangkanews co.id /// Kuala Kurun-Sekolah Menengah Pertama SMP Negeri 6 Kurun memamerkan hasil produk karya siswa dalam acara gelar karya proyek penguatan profil pelajar Pancasila, kegiatan ini mengusung berbagai tema diantaranya tema kearifan lokal, kewirausahaan, suara demokrasi, ekstrakurikuler kerohanian dan tema ekstrakurikuler pramuka, Jumat (25/11/2022).

Ini secara resmi dibuka oleh pelaksana Tugas Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas Aprianto.

Dalam sambutan Aprianto mengatakan bahwa gelar karya proyek penguatan profil pelajar Pancasila ini merupakan implementasi dari sekolah penggerak dalam penerapan kurikulum merdeka, dimana bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bisa observasi belajar secara kreatif, mandiri, serta menggali potensi – potensi yang ada sesuai bakat dan minat mereka, yang dikembangkan dari lingkungan sekitar.

Kegiatan seperti ini kedepan bisa lebih ditingkatkan lagi, supaya peserta didik tidak hanya belajar terpaku pada kurikulum dan juga buku saja/ akan tetapi mereka juga bisa belajar dimanapun, dari sarana apapun sehingga minat bakat mereka menjadi berkembang, sebagai modal mereka nanti ketika melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sementara itu kepala SMP Negeri 6 Kurun Brata, M.Pd menerangkan, bahwa kegiatan gelar karya proyek penguatan profil pelajar Pancasila ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada peserta didik SMPN 6 Kurun yang telah melaksanakan projek yang diwujudkan dalam produk-produk yang ditampilkan pada stand – stand yang disiapkan oleh panitia.

Harapannya kegiatan ini bisa menjadi inspirasi untuk sekolah – sekolah lain di Kabupaten gunung mas dalam hal menggali minat bakat dan kreatifitas peserta didik, sehingga mereka dapat terampil dan beradaptasi dengan lingkungan sekolah masing – masing.

Sementara itu ketua panitia kegiatan Iswanto menyampaikan bahwa kegiatan gelar karya tahun 2022 SMPN 6 Kurun diikuti oleh peserta didik kelas tujuh, delapan dan sembilan sebanyak 148 peserta, kegiatan berlangsung selama satu hari di sekolah setempat.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah yang sudah memberikan dukungan dan saran kepada kami sebagai koordinator kegiatan gelar karya, tuturnya.

“Terima kasih kepada rekan-rekan panitia fasilitator projek atas kerjasama mulai dari awal mengerjakan proyek sampai terlaksananya kegiatan hari ini. Tidak lupa juga Bapak mengucapkan terima kasih kepada anak-anakku kelas tujuh, delapan dan Sembilan yang sudah berpartisipasi mulai dari persiapan sampai mengikuti kegiatan hari ini,” pungkasnya.

pewarta. : Iswanto

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News