SMAN 1 Palangka Raya Try- Out USBK

SMAN 1 Palangka Raya Try- Out USBK

Palangkanews.co.id | Perkembangan Pendidikan di Kalimantan Tengah ditengah pendemi virus Corona menjadikan pendidikan jauh dari pertemuan antara peserta didik dan dewan guru atau sekolah , SMAN 1 Palangka Raya terlebih dulu mempersiapakan para peserta didik kelas XII untuk menghadapi Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) yang diagendakan pada tangal 12-20 April 2021, pihak SMA Negeri 1 Palangkaraya melaksanakan Try-out atau uji coba. Kegiatan Try-out USBK ini dilaksankan mulai tanggal 08-17 Februari 2021 dan dilaksankan secara daring. Kegiatan ini merupakan agenda yang selalu dilaksanakan setiap tahun menjelang pelaksanaan Ujian Sekolah (US).

Hal ini disampaikan oleh kepala SMA Negeri 1 Palangkaraya, Drs. H. Arbusin di ruang kerjanya. Senin (08/02/2021).

“Siswa kelas XII SMA Negeri 1 Palangkaraya pada pekan kedua dan ketiga bulan Februari 2021 akan melaksanakan Try-out atau Uji Coba tahap 1 Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK). Kegiatan Try-out USBK ini dilaksankan mulai tanggal 08-17 Februari 2021 dan dilaksankan secara daring.”, ujarnya.

Kepala SMA Negeri 1 Palangkaraya ini juga menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan dilaksanakannya Try-out atau Uji Coba ini yang pertama adalah mengevaluasi sejauh mana kesiapan siswa kelas XII dalam penguasaan materi pelajaran kelas X, XI dan XII untuk menghadapi USBK. Kedua memberikan gambaran secara umum kepada siswa tentang proses dari pelaksanaan USBK yang akan dilaksanakan nanti.

Selajutnya dari hasil evaluasi ini akan dilakukan program tindak lanjut oleh pihak sekolah. Dengan demikian diharapkan para siswa SMA Negeri 1 Palangkaraya benar-benar siap mengahadapi USBL dan semoga semua siswa lulus 100%.

Drs. H. Arbusin juga menambahkan selama kegiatan Try-out atau Uji Coba USBK ini dia menugaskan beberapa orang guru Bimbingan Konseling dan juga para Wali Kelas XII untuk melakukan kunjungan rumah. Hal ini bertujuan untuk memantau secara langsung dan memastikan kesiapan dan keseriusan siswa dalam mengikuti Try-out. Selain itu juga, kegiatan kunjungan rumah ini merupakan ajang silaturahmi pihak sekolah sekaligus meminta dukungan kepada orang tua/wali siswa agar memberikan motivasi kepada anaknya dalam mempersiapkan diri secara maksimal untuk mengahadapi USBK.

“Saya menugaskan beberapa orang guru BK dan juga para wali kelas XII untuk melakukan kunjungan rumah untuk memantau secara langsung bagaimana kesiapan dan keseriusan siswa mengikuti Try-out.”, ungkapnya.

Laki-laki yang sering disapa dengan Pak Haji, ini juga berharap agar selama kegiatan Try-out berlangsung, semua siswa kelas XII hendaklah mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan bersungguh-sungguh. Jawablah soal-soal dengan baik dengan menggunakan waktu yang tersedia secara maksimal agar nilai Try-outnya juga maksimal.



Para proktor dan teknisi Try-out melaksanakan tugasnya di labkom SMA Negeri 1 Palangkaraya Di tempat terpisah, ketua panitia Try-out yang juga menjabat sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Drs. Edral Gandi, M.M., menyampaikan bahwa sebelum pelaksanaan Try-out, pihak panitia melakukan rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan unsur pimpinan lainnya. Kegiatan ini untuk menyamakan persepsi dalam persiapan dan teknis pelaksanaan Try-out. “Pihak panitia melakukan rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan unsur unsur pimpinan lainnya. Kegiatan ini untuk menyamakan persepsi dalam persiapan dan teknis pelaksanaan Try-out.”, katanya.

Para proktor dan teknisi Try-out melaksanakan tugasnya di labkom SMA Negeri 1 Palangkaraya Di tempat terpisah, ketua panitia Try-out yang juga menjabat sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Drs. Edral Gandi, M.M., menyampaikan bahwa sebelum pelaksanaan Try-out, pihak panitia melakukan rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan unsur pimpinan lainnya. Kegiatan ini untuk menyamakan persepsi dalam persiapan dan teknis pelaksanaan Try-out.
“Pihak panitia melakukan rapat koordinasi dengan kepala sekolah dan unsur unsur pimpinan lainnya. Kegiatan ini untuk menyamakan persepsi dalam persiapan dan teknis pelaksanaan Try-out.”, katanya.

Ketua panitia Try-out sekaligus sebagai wakil kepala sekolah bidang kurikulum,
Drs. Edral Gandi, M.M.

Edral Gandi juga menyampaikan dalam kegiatan Try-out ini banyak pihak yang dilibatkan. Pihak-pihak yang terlibat adalah 3 orang teknisi, 12 orang proktor dan 12 orang pengawas ruang. Oleh sebab itu sebelum pelaksanaan Try-out pihak panitia sudah melakukan bimbingan teknis dan simulasi agar dalam Try-out tidak akan mengalami kendala yang berarti.

Ketika diminta keterangan tentang pelaksanaan Try-out sesi pertama untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, laki-laki pendiam ini menyampaikan bahwa pelaksanaan Try-out dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Para siswa bisa mengikuti kegiatan dengan baik. Begitu juga dengan sarana dan prasarana pendukung juga berfungsi dengan maksimal serta para teknisi, proktor dan pengawas ruang dapat menjalakan tugas dan tanggung jawabnya secara baik pula.

Pada bagian akhir keterangannya, Pak Erdal menyampaikan, bahwa setelah Try-out ini berakhir, pihak sekolah akan melakukan rapat dengan orang tua siswa kelas XII. Salah satu agendanya adalah pemaparan hasil Try-out siswa kelas XII ini. Dengan demikian diharapakan pihak sekolah dan orang tua akan melakukan diskusi untuk melakukan upaya-upaya peningkatan kualitas belajar siswa pada mata pelajaran yang nilainya masih kurang maksimal.

Pewarta : Septy pknews Kalteng
Sumber : HumSmansa – Anw.

Redaksi Palangka News