SMAN 1 Palangka Raya , Giat Penguatan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pansasila

SMAN 1 Palangka Raya , Giat Penguatan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pansasila

Palangkanews.co id // Kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Profil Pelajar Pancasila selama mengisi waktu menjelang kegiatan libur natal tahun 2021 dan tahun baru 2022, secara resmi dibuka di ruang guru SMA Negeri 1 Palangka Raya, Senin (27/12/2021). Yang lalu dipublikasikan 30/12/21.

Pejabat yang membuka kegiatan ini adalah perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah yakni Kepala Bidang PSMA, Drs. Eliberson Dasar pelaksanaan PPK Profil Pelajar Pancasila adalah surat kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, nomor: 421/4660/Disdik/XII/2021, tanggal 15 Desember 2021, tentang Penegasan Kembali Penyelenggaraan Pembelajaran Menjelang Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan kegiatan Pemberian Penguatan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila.

Dalam sambutannya ketika mengawali kegiatan pembukaan PPK Profil Pelajar Pancasila, Kepala SMA Negeri 1 Palangka Raya, Drs. H. Arbusin menyampaikan bahwa kegiatan PPK Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Palangka Raya akan dilaksanakan dari tanggal 27-30 Desember 2021 dengan moda daring dan luring.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X dan kelas XI beserta seluruh dewan guru yang ada di SMAN 1 Palangka Raya. Dalam kegiatan ini pihak SMA Negeri 1 Palangka Raya mengimplementasikan nilai-nilai penguatan pendidikan karakter profil pelajar pancasila ini melalui kegiatan 1. Sosialisasi praktik baik profil pelajar pancasila 2. Perlombaan/pertandingan antar kelas 3. IHT penjabaran mutu PBM dan SKP.

Diharapkan selama mengikuti kegiatan, harus serius dan disiplin agar mampu memahami dan dapat melaksanakan semua rangkaian kegiatan dengan baik dan benar. Selanjutnya juga disampaikan bahwa yang menjadi pemateri adalah Pengawas Pembina SMA Negeri 1 Palangka Raya dan Guru-guru yang ada di SMA Negeri 1 Palangka Raya.

“Kegiatan PPK Profil Pelajar Pancasila selama mengisi waktu menjelang kegiatan libur natal tahun 2021 dan tahun baru 2022 di SMA Negeri 1 Palangka Raya akan dilaksanakan dari tanggal 27 -30 Desember 2021 dengan moda daring dan luring. Dasar pelaksanaan PPK Keagamaan adalah surat kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, nomor: 421/4660/Disdik/XII/2021, tanggal 15 Desember 2021 tentang Penegasan Kembali Penyelenggaraan Pembelajaran Menjelang Libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dengan kegiatan Pemberian Penguatan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa dan dewan guru, jadi siswa kelas X, XI dan XII dan dewan guru yang akan mengikuti kegiatan ini dengan serius dan disiplin,” kata Arbusin.

Di samping itu, Kabid PSMA Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Drs. Eliberson, dalam arahannya sebelum membuka secara resmi kegiatan menyampaikan agar dalam pelaksanaan kegiatan PPK Profil Pelajar Pancasila, pihak sekolah mengikuti petunjuk teknis yang telah ditetapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. Dengan demikian, tujuan akhir kegiatan PPK Profil Pelajar Pancasila dapat tercapai dengan baik.

“Saya mengharapkan kegiatan PPK Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Palangka Raya dilaksanakan berdasarkan petunjuk teknis yang telah dikeluarkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah. Bila ada hal-hal yang kurang jelas, silakan melakukan koordinasi dengan kami,” paparnya.

Setelah menyampaikan arahannya, Eliberson secara resmi membuka kegiatan PPK Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Palangka Raya. Kegiatan pembukaan ini dilaksanakan secara luring dan daring.

Hal ini dilakukan untuk mengurangi kerumunan massa.
Seluruh keluarga besar SMA Negeri 1 Palangka Raya patut mendukung kegiatan PPK Profil Pelajar Pancasila. Hal ini erat kaitannya dengan kultur masyarakat Indonesia yang religius. Kita berharap agar para siswa sebagai generasi muda memiliki bekal karakter keagamaan yang memadai untuk membangun bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai.

Pewarta. : Titin pknews
Sumber. : Humsman 1 Palangka Raya

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News