SMA Negeri 1 Palangkaraya Laksanakan Buka Puasa Bersama

SMA Negeri 1 Palangkaraya Laksanakan Buka Puasa Bersama

Palangkanews.co.id || Kepala SMA Negeri 1 Palangkaraya, Drs. H. Arbusin saat menyampaikan sambutannya ketika kegiatan buka puasa bersama pada bulan Ramadhan 1442 H bersama di halaman SMA Negeri 1 Palangkaraya.

SMA Negeri 1 Palangkaraya melakukan buka puasa bersama. Kegiatan ini diikuti oleh unsur manajemen sekolah dan para guru yang beragama Islam. Selain itu juga diikuti oleh beberapa guru non Muslim dan beberapa orang siswa yang ditunjuk sebagai perwakilan kelas X dan XI. Buka puasa bersama ini dilaksanakan di halaman SMA Negeri 1 Palangkaraya. (Minggu, 02/05/2021).



Dalam sambutan untuk mengawali kegiatan buka puasa bersama, Kepala SMA Negeri 1 Palangkaraya, Drs. H. Arbusin menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari berbagai rangkaian kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Keagamaan tahun 2021. Dari kegiatan buka puasa bersama ini diharapkan terjalin hubungan silaturahmi yang harmonis antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru dan guru dengan unusur manajemen sekolah. Dengan demikian rasa kekeluargaan dan toleransi antar umat beragama semakin intens.

“Kegiatan buka puasa bersama ini bertujuan untuk memupuk rasa kebersamaan dan menjalin hubungan silaturahmi serta toleransi yang intens antara antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru dan guru dengan unusur manajemen sekolah.”, kata Arbusin.

Di samping itu, kepala sekolah ini juga menyampaikan bahwa kegiatan buka puasa bersama ini bertujuan untuk memberikan bekal pendidikan rohani kepada para siswa. Para siswa diharapkan sedini mungkin mendapatkan pengalaman dalam membangun kebersamaan untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT.

Drs. H. Untung Surapati dari Kemenag Kota Palangkaraya saat menyampaikan tausiah pada acara buka puasa bersama di halaman SMA Negeri 1 Palangkaraya.

Dalam acara buka puasa bersama ini, pihak sekolah mengundang Drs. H. Untung Surapati dari Kemenag Kota Palangkaraya untuk menyampaikan tausiah Ramadhan. Dalam tausiahnya, Untung menyampaikan bagaimana cara mendidik anak berdasarkan hadis nabi Muhammmad SAW. Anak harus didik sesuai dengan zaman dan juga perkembangan anak itu sendiri. . Jadi pendidikan anak tidak bisa disamakan dengan keadaan orang tua di masa kecilnya.

“Orang tua dalam mendidik anak harus sesuai dengan zaman dan juga perkembangan anak tersebut.”, katanya.

Ustadz ini juga menyampaikan, anak-anak sekarang tergolong dalam generasi Y dan Z atau disebut generasi millenial. Orang tua jangan melarang anak untuk menggunakan gawai atau mengakses internet.

Media tersebut merupakan salah satu sarana untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan informasi di masa sekarang. Tugas orang tua dalam hal ini adalah mengarahkan penggunaan gawai dan memantau situs-situs apa yang mereka akses. Di sinilah peran ilmu agama ditanamkan untuk memfilter dampak negatif dari kemajuan teknologi tersebut.

Drs. H. Untung juga menyampaikan pesannya kepada para siswa SMA Negeri 1 Palangkaraya agar jangan pernah patah semangat dalam menuntut ilmu agama dan ilmu pengetahuan umum serta teknologi modern. Semua itu adalah bekal untuk mencapai masa depan yang gilang gemilang, agar bisa selamat dunia dan akhirat. Para siswa juga diharapkan selalu berbakti kepada orang tua dan para guru sebab segala kesuksesan pada masa yang akan datang tidak akan lepas dari doa-doa guru dan orang tua yang ada sekarang ini.

Para peserta buka puasa bersama melaksanakan shalat Magrib berjamaah di halaman SMA Negeri 1 Palangkaraya.Acara buka puasa bersama di SMA Negeri 1 Palangkaraya juga diisi dengan berbagai kegiatan lainnya. Kegiatan yang dimaksud adalah penyerahan apresiasi oleh kepala sekolah kepada para siswa yang berprestasi pada kegiatan PPK Kegamaan yang diselenggarakan oleh guru-guru pembina PAI. Selain itu diselengarakan pula shalat magrib berjamaah.

Dari pantauan di lapangan seluruh rangkaian kegiatan terlaksana dengan baik dan lancar. Kegiatan ini juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Semoga semua yang kita laksanakan ini menjadi berkah. Amin. (

Pewarta : Aris dkk pknews.
Sumber : Humas SMANSA-Anw

Redaksi Palangka News