SMA Negeri 1 Palangkaraya Gelar Ujian Sekolah Praktik Moda Daring

SMA Negeri 1 Palangkaraya Gelar Ujian Sekolah Praktik Moda Daring

Palangkanews.co.id || SMA Negeri 1 Palangkaraya melaksanakan ujian sekolah praktik untuk siswa kelas XII tahun pelajaran 2020/2021. Kegiatan dilaksanakan dari tanggal 15-23 Maret 2021 dengan moda daring. Moda daring adalah pilihan terbaik karena kondisi kota Palangkaraya masih dalam zona merah yang tidak memungkinkan para siswa turun ke sekolah.

Hal ini disampaikan oleh kepala SMA Negeri 1 Palangkaraya, Drs. H. Arbusin, di ruang kerjanya. (Senin, 15 Maret 2021) “Ujian sekolah pratik kita laksanakan dengan moda daring. Moda daring adalah pilihan yang terbaik. Hal ini mengingat kondisi kota Palangkaraya masih zona merah yang tidak memungkinkan siswa turun ke sekolah.”, katanya.

Kepala SMA Negeri 1 Palangkaraya ini juga mengharapkan agar para siswa kelas XII dalam mengikuti kegiatan ujian sekolah praktik dengan sungguh-sungguh. Karakter bekerja keras, disiplin dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas sangat dibutuhkan.

Keberhasilan siswa dalam melaksakan ujian praktik sekolah juga turut menentukan kelulusan siswa tersebut. Para siswa juga diharapkan agar tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan dalam kesehariannya. Hal ini disampaikan mengingat masih ada agenda penting yakni ujian sekolah teori (USBK) yang akan dilaksanakan pada tanggal 29 Maret-07 April 2021.

“Saya berharap agar para siswa mengikuti kegiatan ujian sekolah praktik ini dengan sungguh-sungguh. Karakter suka bekerja keras, disiplin dan bertanggung jawab sangat dibutuhkan untuk mencapai keberhasilan.”, ungkapnya.

Ketika ada siswa yang mengalami kendala sarana (gawai) maupun kuota internet dalam mengikuti ujian sekolah praktik ini, Arbusin juga menyampaikan agar orang tua sesegera mungkin melaporkan ke sekolah. Pihak sekolah akan siap membantu untuk memberikan jalan keluar yang terbaik agar siswa tersebut tetap bias mengikuti ujian sekolah praktik. SMA Negeri 1 Palangkaraya memiliki rumah belajar dan labkom yang memadai. Semua itu dipersipakan untuk membantu memberikan pelayanan kepada para siswa.

Di tempat terpisah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Drs. Edral Gandi, M.M., menyampaikan bahawa pelaksanaan ujian praktik sekolah adalah salah satu rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh siswa kelas XII sebelum dinyatakan lulus. Siswa yang menempuh ujian sekolah praktik harus memiliki nilai minimal tuntas berbadasarkan kriteria penilaian yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah.

Dalam pelaksanaan ujian praktik sekolah moda daring tahun ajaran 2020/2021, bentuk soal-soal ujian sekolah praktik sudah dirancang sedemikian rupa sehingga tidak akan tetlalu membebani siswa. Para siswa menyelesaikan tugas-tugas yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah dari rumahnya masing-masing. Tugas tersebut ada yang membuat karya atau produk, membuat video atau ujian langsung melalui zoom. Semua itu tergantung dari karakteristik mata pelajaran yang diuji.

“Ujian sekolah praktik pada masa pandemi Covid-19 ini kita gunakan moda daring. Siswa melaksanakan tugas dari rumah mereka masing-masing. Kegiatan siswa ada yang membuat karya atau produk, membuat video dan ujian langsung melalui zoom.”, ujarnya.

Edral Gandi berharap para siswa kelas XII tetap mengikuti ujian sekolah praktik dengan baik, memiliki motovasi dan integritas yang tinggi. Pihak sekolah percaya bahwa apa yang dilakukan oleh siswa dalam mengikuti ujian praktik sekolah moda daring ini adalah benar-benar hasil karya sendiri. Saat ini kita semua diuji untuk saling percaya dan bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan.

Pewarta : Septy pknews Kteng
Sumber : Humas SMANSA-Anw

Redaksi Palangka News