SMA Negeri 1 Palangka Raya Membentuk Tim Pengembang Inovasi PJJ

SMA Negeri 1 Palangka Raya Membentuk Tim Pengembang Inovasi PJJ

Palangjanews.co.id | Drs. Edral Gandi, M. M., Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Negeri 1 Palangka Raya. (12/09/2020) Inovasi pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama covid19 harus dilakukan oleh setiap lembaga penyelenggara pendidikan. Begitu juga halnya yang dilakukan oleh pihak manajemen SMA Negeri 1 Palangka Raya. Untuk pengembangan inovasi ini, SMA Negeri 1 Palangka Raya telah membentuk tim kerja yang disebut Tim Pengembang Inovasi PJJ. Tim kerja ini akan membantu rekan-rekan guru memaksimalkan penggunakan teknologi dan impormasi (TI) dalam PJJ.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan proses belajar mengajar (PBM) yang dilakukan para pendidik di SMA Negeri 1 Palangka Raya pada masa pandemi covid19 menjadi menyenangkan dan tujuan pembelajaran bisa tercapai dengan baik. Hal ini disampaikan oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMA Negeri 1 Palangka Raya, Drs. Erdal Gandi, M.M., di sela-sela kegiatan MGMP. (Sabtu, 12/09/2020).

“Saya mewakili Kepala SMA Negeri Palangka Raya menyampaikan bahwa untuk pengembangan inovasi pembelajaran selama pandemi covid19, SMA Negeri 1 Palangka Raya telah membentuk tim kerja yang disebut Tim Pengembang Inovasi PJJ. Tim kerja ini akan membantu rekan-rekan guru memaksimalkan penggunakan teknologi dan impormasi (TI) dalam PJJ. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan proses belajar mengajar (PBM) yang dilakukan para guru di SMA Negeri 1 Palangka Raya pada masa pandemi covid19 menjadi menyenangkan dan tujuan pembelajaran bisa tercapa

Selanjutnya Edral Gandi menambahkan, untuk mencapai hal itu, Tim Pengembang Inovasi PJJ ini akan bekerja setiap hari Sabtu dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Agenda kerja tim sudah dilaporkan ke kepala sekolah dan kepala sekolah sangat mendukung program ini. Kegiatan tim ini juga sangat relevan dengan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan, Dr. Mofit Saptono, saat kunjungannya ke SMA Negeri 1 Palangka Raya beberapa hari yang lalu. Ketika itu, Kepala Dinas Pendidikan mengharapkan bahwa kegiatan pembelajaran harus bervariasi dan menyenangkan bagi peserta didik.

“Tim Pengembang Inovasi PJJ akan bekerja setiap hari Sabtu. Agenda kerja tim sudah kita laporkan ke kepala sekolah. Kegitan ini juga sangat relevan dengan harapan Kepala Dinas Pendidikan, Dr. Mofit Saptono ketika berkunjung ke SMA Negeri 1 Palangka Raya beberapa hari yang lalu.” ujarnya.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia sedang berdiskusi di ruang rapat dalam menyingkapi berbagai masalah pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi covid19.
Di tempat terpisah, ketua Tim Pengembang Inovasi PJJ, Yeprina P. Asie, S, Pd. menyampaikan bahwa kegiatan tim ini sangat membantu para guru dalam mengatasi berbagai kendala dalam PJJ. Kegiatan hari sabtu pertama adalah menuntaskan segala administrasi pembelajaran dan menyebar angket untuk mengidentifikasi kendala penggunaan IT dalam PJJ.

Dalam hal ini guru diharapkan secara terbuka dan suka rela mengakui kendala yang dialaminya. Dengan demikian tim akan bisa membantu memberikan pengimbasan kepada yang bersangkutan. Selanjutnya pada hari sabtu kedua dan seterusnya, tim akan berkeja dalam setiap kelompok sesuai dengan hasil angket kebututuhan guru.

“Tim Pengembang Inovasi PJJ akan bekerja membantu para guru yang mengalami kendala penggunaan IT dalam PJJ. Agenda kerja kita sudah kita sampaikan ke para guru dan semoga apa yang dilakukan tim ini akan membantu rekan-rekan guru dalam PJJ.”, ungkapnya.

Guru Fisika ini juga menambahkan bahwa dalam pelaksanaan pada hari pertama hampir semua guru SMA Negeri 1 Palangka Raya hadir mengikuti kegiatan kecuali guru yang sedang sakit sakit atau yang sudah minta izin sebelumnya. Semua guru bersemangat mengikuti kegiatan. Kondisi ini diharapkan selalu berlanjut demi SMA Negeri 1 Palangkaraya yang jaya.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PKn sedang berdiskusi di ruang guru dalam menyingkapi berbagai masalah pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi covid19. (12/09/2020)
Ketika diminta tanggapannya tentang program kegiatan dari Tim Pengembang Inovasi PJJ, salah satu guru senior di SMA Negeri 1 Palangka Raya yakni Salingkat, M.Pd., menyampaikan bahwa beliau sangat setuju dan senang serta mendukung program dari sekolah ini. Banyak hal yang bisa diperoleh untuk menambah wawasan dalam pengembangan penggunaan dan penguasaan IT dalam PJJ. Beliau berharap semua rekan guru SMA Negeri 1 Palangka Raya harus pro aktif mengikuti program ini agar ke depannya SMA Negeri 1 Palangka Raya lebih baik lagi untuk Indonesia maju.

“Saya sangat setuju dan senang serta mendukung program sekolah ini. Program ini sangat baik untuk menambah wawasan dalam pengembangan dan penguasaan IT dalam PJJ.” pungkasnya.

Guru yang sudah mengabdi sejak tahun 1988 ini juga menambahkan bahwa pembelajaran jarak jauh (PJJ) memang membutuhkan adaptasi dalam penggunaan IT. Semua pihak harus selalu bekerja sama agar inovasi pembelajaran bisa tercapai. Peran serta orang tua sangatlah penting memotivasi anak-anaknya supaya tidak jenuh dalam belajar. Saat ini memang masa-masa sulit bagi kita semua akan tetapi kita jagan pasrah dan menyerah. Masa depan anak-anak, kita utamakan karena merekalah generasi penerus perjuangan bangsa Indonesia ini.

Pewarta : Septy
Sumber : Humsmnsaparay /Anwar
Ed/Ad. : Syaiful

admin

admin