SELEKSI POPNAS 2021 CABOR PENCAK SILAT DAN TENIS MEJA, DIBUKA WAGUB KALTENG

SELEKSI POPNAS 2021 CABOR PENCAK SILAT DAN TENIS MEJA, DIBUKA WAGUB KALTENG

Palangkanews.co.id | NANGA BULIK – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya menghadiri acara ramah tamah sekaligus membuka Seleksi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) Cabang Olahraga (Cabor) Pencak Silat dan Tenis Meja di Aula Bappeda Kabupaten Lamandau, Jalan Bukit Hibul Barat, Nanga Bulik, Kamis (21/1/2021) malam.

Dalam sambutannya, Wagub Habib Ismail mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng selalu mendukung upaya peningkatan prestasi olahraga di Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila yang menjunjung falsafah Huma Betang.

“Bersatu dan bekerjasama merupakan modal utama dalam pencapaian suatu tujuan. Untuk itu, semua stakeholders perlu bersama-sama, saling bahu-membahu, dan bersinergi untuk mendorong tercapainya prestasi olahraga Kalimantan Tengah dalam berbagai event, baik di tingkat nasional maupun internasional. Begitu pula dengan event Pekan Olahraga Pelajar Nasional, POPNAS XVI yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 23 Agustus sampai dengan 5 September 2021 di Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Bangka Belitung,” papar Wagub yang saat ini juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Provinsi Kalteng tersebut.

Dikatakan Wagub Habib Ismail, POPNAS merupakan ajang olahraga pelajar tertinggi dan bergengsi di tingkat nasional, sehingga harus dipersiapkan dengan matang dan terencana, sehingga dapat meraih prestasi maksimal dan medali emas sebanyak-banyaknya demi mengharumkan nama Kalteng.

“Oleh karena itu, saya sangat menyambut baik penyelenggaraan Seleksi POPNAS Provinsi Kalimantan Tengah di Kabupaten Lamandau ini yang akan mempertandingkan 2 cabang olahraga, yaitu tenis meja dan pencak silat. Seleksi ini tentunya menjadi bagian dari upaya untuk mempersiapkan sebaik mungkin kontingen Provinsi Kalimantan Tengah yang akan berlaga pada POPNAS XVI di Provinsi Sumatra Selatan dan Bangka Belitung,” jelasnya.

Wagub Habib Ismail berharap, pada seleksi ini nanti dapat terpilih atlet-atlet yang benar-benar memiliki kemampuan dan mental bertanding yang bagus agar nanti saat berjuang di ajang POPNAS XVI bisa bersaing dengan para atlet pelajar dari provinsi-provinsi lain serta mempersembahkan prestasi terbaik dan membawa harum nama Provinsi Kalteng di kancah nasional. “Kepada seluruh atlet pelajar, saya ucapkan selamat bertanding, junjung tinggi nilai-nilai sportivitas, dan raih prestasi terbaik,” imbuhnya.

Pada kesempatan kali ini, Wagub tidak lupa juga mengingatkan seluruh elemen masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan untuk menekan pertambahan kasus di masa pandemi Covid-19.

“Di masa pandemi Covid-19 yang masih melanda sampai saat ini, tentunya kita harus terus bergerak untuk terus melaksanakan pembangunan dan terus mencapai prestasi. Namun, tentu saja proses dan prosedur yang kita lakukan berbeda dengan sebelumnya. Agar tetap produktif dan aman dari penyebaran virus Covid-19, kita harus mampu beradaptasi dengan kebiasaan baru, secara disiplin mematuhi standar protokol kesehatan, tidak lagi 3M, tetapi 4M, tambah satu M jadi 5M, mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengaji atau menyanyi agar hati senang,” ujar Wagub Habib Ismail.

Sementara itu, Bupati Lamandau Hendra Lesmana dalam sambutannya menyampaikan harapan bahwa seluruh rangkaian kegiatan seleksi pencak silat dan tenis meja ini dapat terselenggara dengan sebaik-baiknya, sehingga menghasilkan atlet terbaik dan berbakat yang akan bertanding mewakili Provinsi Kalteng pada ajang POPNAS XVI Tahun 2021 di Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Bangka Belitung.

“Melalui kegiatan seleksi ini diharapkan menumbuhkan minat olahraga di kalangan pelajar sekaligus sebagai ajang bagi induk organisasi PTMSI dan IPSI Kalimantan Tengah, khususnya Kabupaten Lamandau untuk mengidentifikasi atlet muda berbakat, dan selanjutnya dilakukan pembinaan secara berkesinambungan, sehingga di kemudian hari atlet tersebut dapat berprestasi di tingkat nasional bahkan tingkat internasional,” imbuh Bupati Hendra Lesmana.

Pembukaan Seleksi POPNAS Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2021 ditandai dengan pemukulan bola pertama pertandingan ekshibisi tenis meja oleh Wagub Kalteng Habib Ismail Bin Yahya.

Acara malam ini dirangkai dengan pertandingan ekshibisi tenis meja antara Wagub Habib Ismail berpasangan dengan Bupati Lamandau Hendra Lesmana melawan Dandim 1017/Lamandau Letkol Inf Hafes Isjafrin berpasangan dengan Ketua DPRD Kabupaten Lamandau M. Bashar yang juga menjabat sebagai Ketua PTSMI Kabupaten Lamandau.

Tampak hadir pula dalam acara ini, antara lain Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Guntur Taladjan yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Provinsi Kalteng, Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Provinsi Kalteng Falery Tuwan, Kepala Dispora Kabupaten Lamandau Luhut Tampubolon, Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lamandau Karyadi, dan Mewakili Ketua IPSI Kabupaten Lamandau.

Selain pertandingan ekshibisi tenis meja, acara malam ini juga menampilkan atraksi pencak silat dari atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Daerah (PPLPD) Kabupaten Lamandau Nurlita Umami. Seperti diberitakan, Nurlita pernah meraih juara I Kejurnas PPLP Cabor Pencak Silat Tingkat Nasional Tahun 2018.

Sementara itu, Seleksi POPNAS Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2021 untuk Cabor Pencak Silat akan digelar di GPU Lantang Torang, Nanga Bulik pada 22-23 Januari 2021. Sedangkan untuk Cabor Tenis Meja akan digelar di Aula Bappeda Kabupaten Lamandau pada 22-23 Januari 2021.

Peserta seleksi untuk Cabor pencak silat berasal dari 5 kabupaten/kota, yakni Palangka Raya, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Sukamara, dan Lamandau, dengan perincian 37 atlet putra dan 27 atlet putri.

Untuk Cabor tenis meja, peserta seleksi berasal dari 9 kabupaten/kota, yakni Palangka Raya, Kotawaringin Barat, Kotawaringin Timur, Sukamara, Barito Utara, Kapuas, Murung Raya, Katingan, dan Lamandau, dengan perincian 18 atlet putra dan 9 atlet putri. Namun demikian, informasi terakhir menyebutkan, atlet dari Kabupaten Katingan mengundurkan diri dari seleksi.

Kemudian untuk dewan juri Cabor pencak silat, berjumlah 15 orang yang berasal dari Palangka Raya 9 orang, Kotawaringin Timur 2 orang, Kotawaringin Barat 2 orang, dan Lamandau 2 orang. Sedangkan dewan juri Cabor tenis meja, berjumlah 10 orang yang berasal dari Palangka Raya 3 orang dan Lamandau 7 orang.

Kepala Dispora Kabupaten Lamandau Luhut Tampubolon melaporkan, sebanyak 13 atlet dari Lamandau telah lolos seleksi untuk mengikuti POPNAS XVI. Atlet pencak silat dari Lamandau yang baru akan mengikuti seleksi, terdiri dari 8 atlet putra dan 6 atlet putri. Sedangkan atlet tenis meja dari Lamandau yang akan mengikuti seleksi, terdiri dari 2 atlet putra dan 2 atlet putri.

Pewarta. : Tim pknews Lamandau Burhan
Sumber. : Biro adpim Kalteng)Ranny

admin

admin