Sekretaris Daerah Nuryakin Buka Pusdiklat Paskibraka Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022

Sekretaris Daerah Nuryakin Buka Pusdiklat Paskibraka Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022

Palangkanews co.id /// Provinsi Kalteng Palangka Raya – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Prov. Kalteng) H. Nuryakin membuka secara resmi acara Pemusatan Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Paskibraka Prov. Kalteng tahun 2022, bertempat di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (8/8/2022).

Sekda Prov. Kalteng Nuryakin saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pemerintah kabupaten/kota yang sudah mengirimkan peserta Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang dinyatakan lulus seleksi tingkat provinsi, sehingga dapat mengikuti Pusdiklat. Nuryakin mengatakan Pengibaran Bendera Pusaka dalam rangka Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia merupakan upacara yang sangat sakral.

“Upacara ini pada hakekatnya sebagai ungkapan syukur atas kemerdekaan yang telah dianugerahkan Tuhan Yang Maha Esa, dan juga penghargaan atas jasa para pahlawan, serta tekad bersama untuk terus menjaga NKRI dan membangun kejayaan bangsa”, tutur Nuryakin.

Lebih lanjut Nuryakin menuturkan bahwa Pemprov Kalteng sedang mempersiapkan 51 orang calon anggota Paskibraka untuk bertugas melaksanakan pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih pada Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2022 nanti.

“Rangkaian kegiatan Paskibraka, mulai dari seleksi, Pemusatan Diklat, sampai pelaksanaan Pengibaran dan Penurunan Bendera Pusaka merupakan mata rantai yang tak bisa dipisahkan satu dengan yang lain. Keberhasilan seluruh rangkaian kegiatan itu perlu kerja sama, sinergi, kekompakan, dan kedisiplinan Calon Paskibraka, Pelatih, Panitia, Pendamping, Tim Kesehatan, dan semua pihak terkait”, pungkas Nuryakin.

Plt. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Kalteng Iswahono dalam laporannya menyampaikan peserta seleksi Paskibraka tingkat Prov. Kalteng tahun 2022 adalah utusan dari 13 kabupaten dan 1 kota yang telah melalui tahapan seleksi mulai dari seleksi tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota. Hasil seleksi Calon Paskibraka pada tingkat kabupaten/kota dikirim empat orang masing-masing dua putra dan dua putri dengan jumlah untuk tingkat nasional dan provinsi berjumlah 56 orang.

Disampaikan juga oleh Iswahono, dari jumlah 56 orang tersebut, Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Kalteng melaksanakan kegiatan seleksi kembali Calon Paskibraka untuk tingkat nasional dan Prov. Kalteng yang telah dilaksanakan pada tanggal 9 s.d 11 Mei 2022 di Palangka Raya. Hasil selesi Calon Paskibraka di tingkat Prov. Kalteng yang dinyatakan lulus untuk tingkat nasional berjumlah dua orang dan provinsi berjumlah 51 orang yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Kalteng Nomor : 427/359/Bid.II/Dispora tentang Penetapan Calon Paskibraka tingkat nasional dan Prov. Kalteng tahun 2022.

“Dari hasil seleksi Calon Paskibraka tingkat Prov. Kalteng tersebut dua orang yakni satu putra dan satu putri mengikuti Pusdiklat tingkat nasional dan sudah dilepas secara resmi oleh Wakil Gubernur Kalteng pada tanggal 12 Juli 2022. Sekarang sudah mengikuti Pusdiklat Calon Pakibraka nasional, yang dimulai tanggal 15 Juli 2022 s.d 26 Agustus 2022 di Depok Jawa Barat”, tutup Iswahono.

Pembukaan Pusdiklat Paskibraka Prov. Kalteng tahun 2022 dihadiri oleh Forkopimda Prov. Kalteng, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan Yuas Elko, Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng, Ketua Purna Paskibraka Indonesia Prov. Kalteng, Seluruh Panitia dan Tim Seleksi Paskibraka, Pendamping dari pemerintah kabupaten dan kota se-Kalteng serta Peserta Calon Paskibraka.

Pewarta. : Hadiboy
Sumber. :. Diskominfo Provkalteng

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News