SEKDA HADIRI APEL KESIAPAN TENAGA VAKSINATOR DAN TRACER COVID-19 PROVINSI KALTENG

SEKDA HADIRI APEL KESIAPAN TENAGA VAKSINATOR DAN TRACER COVID-19 PROVINSI KALTENG

Palangkanews.co.id | Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Fahrizal Fitri hadir dalam Apel Kesiapan Tenaga Vaksinator dan Tracer Covid-19 di Lapangan Barigas Mapolda Kalteng, Kamis (11/2/2021).

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, dalam krisisnya mengatakan bahwa Apel Kesiapan Tenaga Vaksinator dan Tracer Covid- 19 dilaksanakan di seluruh Indonesia. “Jadi bukan hanya fokus pada 7 provinsi yang ada di Jawa dan Bali, tetapi seluruh Indonesia melaksanakan kegiatan yang sama,” jelas Kapolda Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Sebagaimana program pemerintah, pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan secara bertahap. “Yaitu tahap pertama dengan sasaran tenaga medis pada bulan Januari sampai Februari 2021 ini. Tahap kedua dengan sasaran TNI, Polri, aparat penegak hukum, dan petugas pelayanan publik lainnya, yang akan dilaksanakan pada minggu ke-4 Februari sampai April 2021. Tahap ketiga dan keempat, sasaran masyarakat umum dan pelaku ekonomi, akan dilaksanakan pada bulan April 2021 sampai dengan Maret 2022,” papar Kapolda.

Sebagai bentuk kesiapan jajaran Provinsi Kalteng, telah dilaksanakan pelatihan vaksinasi. “Sampai hari ini, berdasarkan laporan dari Gugus Tugas, yang sebagai vaksinator sudah ada 2400 orang seluruh Provinsi Kalimantan Tengah, dan yang sedang mengikuti pelatihan sampai dengan hari ini 3000 orang. Artinya bahwa kesiapan Provinsi Kalimantan Tengah untuk melaksanakan kegiatan vaksinasi pada tahap-tahap berikutnya, tahun 2021 sampai dengan 2022, Insyallah kita sudah siap,” tegasnya.

Sementara itu, jumlah tenaga kesehatan yang sudah divaksin telah mencapai 100% pada tahap pertama dan masih akan dilanjutkan pada tahap kedua. Adapun pelaksanaan apel kesiapan Bhabinsa, Bhabinkamtibmas, serta tenaga kesehatan sebagai tracer dan vaksinator Covid-19 ini sendiri merupakan tindak lanjut dari program pemerintah dalam melakukan pelacakan dan vaksinasi secara nasional. “Mengingat pentingnya peran Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas yang bisa menjangkau masyarakat di pelosok desa dalam melakukan pelacakan, melakukan testing, dan membantu proses isolasi mandiri terhadap penderita Covid-19,” kata Kapolda.

Kapolda pun menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas kerjasama seluruh jajaran TNI, Polri, dan Pemerintah Daerah di Provinsi Kalteng. “Saya mendukung kegiatan ini yang dapat terselenggara dengan baik berkat kerjasama dan kemitraan dengan seluruh stakeholder dan instansi terkait,” pungkasnya.

Pelaksanaan apel pagi ini dirangkai dengan pelepasan secara simbolis tenaga vaksinator dan tracer Covid-19 oleh Danrem 102/Panju Panjung, disaksikan para pejabat yang hadir.

Selain Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri, tampak hadir pula dalam kegiatan pagi ini, antara lain Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Suryanbodo Asmoro, dan sejumlah Pejabat Utama Polda Kalteng, serta perwakilan dari Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPB-PK) Provinsi Kalteng.

Pewarta. : Dwi pknews Kalteng
Sumber. : Biroadpimprovkalteng

Redaksi Palangka News