Sejumlah Agenda Penting di Barsel Ditiadakan Akibat Covid 19

Sejumlah Agenda Penting di Barsel Ditiadakan Akibat Covid 19

Palangkanews.co.id//Buntok – Pemerintah Daerah (Pemda) Barito Selatan, telah meniadakan sejumlah agenda penting akibat melunjaknya kenaikan angka penyebaran covid 19 yang melumpuhkan sendi-sendi perekonomian di kalangan masyarakat khususnya Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Kalimantan Tengah (Kalteng).

Karena mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa pekan belakangan. Kondisi ini mendorong, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, kembali mengambil tindakan pengetan terhadap kegiatan yang berhubungan dengan banyak orang atau massa.

Akibatnya, sejumlah agenda penting di tingkat daerah pun ditiadakan penyelenggaraannya. Di antaranya adalah pawai 17 Agustus sebenarnya dilakukan dalam rangka menyambut sekaligus memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang dirayakan setiap tahun, dan kemungkinan besar juga Barsel Expo sendiri diadakan dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Barsel setiap tanggal 21 September.

“Sebagai mana Juklak Juknis untuk sementara, karena pendemi covid-19 sedang meningkat, untuk pawai 17 Agustus sementara ditiadakan dulu,” kata Lisda Arriyana, S. Sos, Pejabat (Pj) Bupati Barsel kepada kepada media ini usai memimpin upaca pengibaran bendera merah putih, di Buntok Rabu (17/8/2022) lalu.

Ia mengatakan, sedangkan untuk acara Barsel Expo sendiri pihaknya masih menyesuaikan dengan Juklak Juknis tersebut. Akan tetapi pihaknya akan mengadakan kegiatan lomba-lomba tradisional untuk memperkenalkan lomba tersebut kapada generasi penerus di Bumi “Dahani Dahanai, Tuntung Tulus” di Buntok ini.

“Supaya generasi penerus khususnya kaum anak-anak muda di Kab Barsel ini bisa melestarikan lomba-lomba peninggalan leluhur kita,” papar Lisda.

Lisda menambahkan, yang mana hasil dari perlombaan tradisional tersebut nantinya akan diikut sertakan dalam even Festival Isen Mulang yang berlangsung di Kota Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah.

Ia melanjutkan, nanti pihaknya akan komunikasikan dan rapatkan kembali untuk persiapan-persiapan apa saja dalam rangka menyambut HUT Barsel pada bulan depan.

“Untuk sementara Barsel Expo ditiadakan, karena kemarin sudah mengikuti Kalteng Expo, jadi seluruh Kabupaten diminta untuk sementara tidak melaksanakan acara serupa di masing-masing kabupaten, tapi dipusatkan pada pelaksanaan Kalteng Expo lalu,” demikian tutup Lisda Arriyana.

(Assjian/Red/PN)

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News