Sayur Takokak Atau Terung Pipit Efektif Menurunkan Asam Urat Tinggi.

Sayur Takokak Atau Terung Pipit Efektif Menurunkan Asam Urat Tinggi.

Palangkanews co.id || Takokak sering dikonsumsi sebagai lalapan ternyatanya tumbuhan liar ini bernama takokak atau dibilang masyarakat Kalimantan Tengah terung Pipit efektif membantu menurunkan asam urat tinggi.

Penyakit asam urat menyerang siapa saja laki-laki dan perempuan baik diusia muda ataupun tua.

Asam urat tinggi ditandai dengan sejumlah gejala, salah satunya rasa nyeri di salah satu bagian tubuh seperti jempol kaki.

Mengutip dari buku berjudul Tumbuhan Sakti Atasi Asam Urat, karya dr. Setiawan Dalimartha, dr. Felix Adrian Dalimartha, BMedSc, penyakit asam urat muncul karena adanya peningkatan produksi dan terganggunya proses pembuangan asam urat di dalam tubuh.

Meningkatnya produksi asam urat di dalam tubuh dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.

Sekedar info, beberapa makanan yang mengandung purin tinggi adalah daging, jeroan, kacang tanah, buncis, brokoli, bayam, kerang, dan keju.

Penyakit asam urat harus segera diobati agar tidak semakin parah. Umumnya, penderita asam urat mengonsumsi obat dari dokter untuk mengobati penyakitnya.

Namun, tidak sedikit orang yang memilih mengonsumsi obat herbal untuk menurunkan kadar asam urat yang naik.

Takokak atau terung Pipit penurun asam urat tinggi
Takokak alias terung pipit kerap dijadikan lalap atau diolah menjadi sayur. Sayuran berwarna hijau ini banyak tumbuh liar di kebun dan di hutan.

Mengutip dari buku berjudul Mudah Menanam Terung Ungu, buah pokak mengandung vitamin A, torvogenin, chlorogenin, dan sisalogenone.

Takokak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Sebab, kandungan dalam takokak efektif membantu asam urat tinggi.

Untuk merasakan efektifitasnya, Anda cukup sediakan takokak kering 10 gram – 15 gram dan takokak segar 30 gram – 60 gram. Anda rebus kedua bahan tersebut sampai mendidih.

Setelah dingin Anda minum air rebusan dan makan buah takokaknya.

Selama masa pengobatan Anda sebaiknya tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung purin tinggi.

Pewarta : Red.pknews
Sumber : kontan co.id Tri Sulistiowati

Redaksi Palangka News