SAMBUT TAHUN BARU ISLAM RIBUWAN MASYARAKAT IKUTI PAWI OBOR.

SAMBUT TAHUN BARU ISLAM RIBUWAN MASYARAKAT IKUTI PAWI OBOR.

KOTA LANGSA,ACEH – Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1441 H, ribuan warga Gampung Baroh Langsa Lama kecamatan Langsa Lama mengikuti pawai obor mengelilingi desa setempat, Saptu (31/08/2019) malam.

Pawai tersebut diikuti oleh anak-anak yang berasal dari Dayah, balai pengajian, Tempat Pengajian Al-Qur”an dan warga Baroh Langsa Lama setempat menggadaikan takbiran menggelincirkan kampung masyarakat setempat.

Pelaksanaabya di mulai sehabis shalat Magrib, para peserta pawai obor yang menggunakan pakaian muslim berkumpul dihalaman mesjid Darussalam. Selesai melaksanakan Shalat Isya berjamaah, peserta pawai dilepas oleh Geuchik Baroh Langsa Lama yang di iringi dengan suara alunan takbir yang menyuarakan asma Allah serta berselawat sambil berjalan kaki menggelilinggi desa setempat.

Untuk tanda pelepasan ditandai dengan bunyian seurene pelepasan peserta pawai diwarnai takbir dan shalawat nabi. Sementara untuk rute yang dilalui peserta pawai obor dimulai (start) dari Mesjid Darussalam melintas Jalan Ahmad Yani, memasuki Gang Tabah menuju dusun Kapten Lidan – Lorong Persatuan – Lorong Pendidikan – Lorong Mesjid hingga melewati Lorong Pahlawan dan berakhir (finish) di Mesjid Darussalam kembali.

Geuchik Gampung Baroh Langsa Lama, Antoni A.Md dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya terhadap elemen masyarakat yang begitu antusias mengikuti pawai obor tersebut dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H ini.

Kegiatan Pawai obor ini sudah bekerja sama dengan anggota Babinkamtibmas, Babinsa, anggota Remaja Mesjid Darussalam dan aparatur gampong demi menjaga ketertiban serta keamanan para peserta pawai obor guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan lanjutnya lagi.

“Setiap menyambut tahun Baru Islam, Gampung Baroh Langsa Lama selalu menggelar pawai obor, selain peserta yang berjalan kaki tetapi ada juga iringan mobil hias dan becak hias”, terang Geuchik Antoni yang juga berharap, semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya sehingga anak-anak Gp. Baroh Langsa Lama harus dapat memaknai betapa indahnya Islam, semoga kita semua dapat diberikan kesehatan serta keberkahan di dunia dan akhurat kelak nanti tandasnya. (Zainal)

admin

admin