Sahli Gubernur Suhaemi Buka Festival Seni Qasidah X Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023

Sahli Gubernur Suhaemi Buka Festival Seni Qasidah X Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023

palangkanews co id # Provkalteng Palangka Raya – Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan SDM (KSDM) Suhaemi wakili Gubernur buka Festival Seni Qasidah X Tingkat Provinsi Kalteng tahun 2023, yang diselenggarakan di Ballroom Hotel Luwansa Palangka Raya, Minggu (22/10/2023). 

Saat membacakan sambutan tertulis Gubernur, Suhaemi mengatakan momentum Festival Seni Qasidah X Tingkat Provinsi Kalteng ini sangat spesial karena bertepatan dengan Hari Santri Nasional. 

“Festival Seni Qasidah ini juga merupakan wujud apresiasi kita terhadap seni qasidah, yang telah menjadi bagian penting dari budaya dan kehidupan masyarakat Kalimantan Tengah. Seni qasidah bukan sekadar hiburan semata, tetapi juga sarana dakwah yang kuat, mengingatkan kita akan nilai-nilai agama, moralitas, dan etika yang luhur,” jelasnya. 

Menurutnya, melalui Lembaga Seni Qasidah Indonesia (LASQI) kesenian ini harus terus dikembangkan, dipacu dan ditingkatkan kualitasnya karena memiliki misi yang cukup jelas yaitu seni sebagai media dakwah. 

“Melalui karya seni budaya dalam membangun etika dan moral bangsa, membangun umat melalui nilai-nilai seni budaya Islam,” ujarnya. 

Ia berharap festival ini menjadi wahana untuk memperkokoh persatuan, mempromosikan seni qasidah, serta meningkatkan pemahaman akan agama.

“Semoga hasil terbaik dari Festival Seni Qasidah X Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023 ini akan mengharumkan Kalimantan Tengah pada tingkat nasional yaitu pada arena Pemilihan Duta Qasidah Tingkat Nasional di Jakarta pada tanggal 9 sampai dengan 12 November 2023 yang akan datang,” harapnya. 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov. Kalteng Noor Fahmi menyampaikan Festival Seni Qasidah rutin dilaksanakan setiap tahun mulai dari Kabupaten, Provinsi dan tingkat nasional.

“Ini merupakan bukti cermin dari kekayaan budaya dan keindahan seni musik islami yang mengalir di daerah se-nusantara,” imbuhnya. 

Ia menekankan, seni qasidah sangat dekat dengan nilai-nilai religius karena berisi syair-syair pujian bertemakan keislaman atau dakwah Islam. 

“Oleh karena itu, kesenian qasidah harus terus dijaga, dirawat, dilestarikan dan dikembangkan, salah satunya melalui festival yang kita laksanakan hari ini,” pungkasnya. 

Pewarta. : Titin 

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News