Sahli Gubernur KSDM Suhaemi Buka Pelatihan Perkebunan Kelapa Sawit

Sahli Gubernur KSDM Suhaemi Buka Pelatihan Perkebunan Kelapa Sawit

Palangkanews.co.id # Provkalteng Palangka Raya – Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia (KSDM) Suhaemi mewakili Gubernur Kalteng membuka secara resmi Pelatihan bagi SDM Perkebunan Kelapa Sawit Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat Tahun 2023, bertempat di M-Bahalap Hotel Palangka Raya, Senin (31/7/2023).

Mengawali sambutannya, Suhaemi saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalteng menyampaikan atas nama Pemprov Kalteng menyambut baik dan menyampaikan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, mengingat berbagai Program Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (SDMPKS) sangat membantu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kompetensi, kemandirian para pekebun di Kalteng.

“Seiring dengan meningkatnya kebutuhan industri kelapa sawit, diharapkan SDM petani pekebun kelapa sawit kita juga dapat terus meningkat dan tidak mengalami ketertinggalan sehingga dapat memberi dampak perbaikan untuk pengembangan industri kelapa sawit khususnya di Kalimantan Tengah”, tutur Suhaemi.

Pelatihan teknis Perkebunan kelapa sawit dalam kesempatan ini meliputi budidaya, pasca panen, pengelolaan sarana prasarana, dan pemetaan.

Suhaemi berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, terutama terkait pemetaan lahan geografis, mengingat saat ini semua kegiatan terutama sektor perkebunan berbasis lahan wajib memiliki peta lahan secara geografis. Dimana, hal tersebut memudahkan pekebun memperoleh program pemerintah dan lembaga lain, baik yang sumber anggaran daerah maupun anggaran pusat dan pihak lain.

“Pelatihan teknis ini juga dalam rangka memperbaiki kualitas perkebunan kelapa sawit di Indonesia secara umum dan khususnya di Kalimantan Tengah, berupa produksi Tandan Buah Segar (TBS) dari kebun Bapak dan Ibu peserta sekalian”, pungkasnya.

Sahli Gubernur KSDM Suhaemi Buka Pelatihan Perkebunan Kelapa Sawit Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat.

Kepala Bidang SDM Eva Lizarmi saat menyampaikan sambutan

Kepala Bidang SDM Eva Lizarmi mewakili Ditjenbun Kementan menyampaikan terima kasih kepada tim pengembangan SDM Perkebunan Kelapa Sawit khususnya di Kalteng  wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kabupaten Kotawaringin Barat yang telah bekerja keras untuk terciptanya, terlaksananya kegiatan pelatihan ini.

Adapun peserta saat ini adalah hasil rekomendasi yang disampaikan kepada SDMPKS tahun 2022, hanya pelaksanaannya pada tahun 2023 ini.

Sahli Gubernur KSDM Suhaemi Buka Pelatihan Perkebunan Kelapa Sawit Wilayah Kabupaten Kotawaringin Timur dan Kotawaringin Barat

Pewarta. : Titin 

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News