Safari Ramadhon Bupati Jepara Pasang Stker Taat Prokes 5 M Di Musolla

Safari Ramadhon Bupati Jepara Pasang Stker Taat Prokes 5 M Di Musolla

Palangkanews.co.id | Jepara, 25/4/2021 Berbeda dari tahun sebelumnya, kegiatan safari ramadhan Bupati Jepara Dian Kristiandi menyasar ke sejumlah musala di kampung-kampung yang tidak banyak jamaahnya. Selain untuk menghindari kerumunan, kegiatan yang dinamai “Musala Bergerak” ini, untuk kembali mengingatkan masyarakat terhadap pandemi Covid-19.

Sabtu (24/4/2021), Bupati Jepara hadir di musala Nurul Hidayah, Desa Kuanyar RT 5 RW 1, Kecamatan Mayong. Ikut dalam rombongan, Asisten I Sekda Jepara Dwi Riyanto, bersama pimpinan Perangkat Daerah.



Pengurus mushala Maslikan mengatakan, kegiatan mushala bergerak ini menunjukkan adanya kedekatan pemimpin dengan rakyatnya. Meskipun, mushala Nurul Hidayah ini jauh dari pusat pemerintahan, namun orang nomor 1 di Jepara berkenan hadir menyapa warga sekitar.

“Kami tidak menyangka, bupati bersama rombongan berkenan hadir di mushala yang kecil ini. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih,” kata dia.

Bupati Jepara Dian Kristiandi mengatakan, tahun ini memang tidak menggelar safari di masjid-masjid sebagaimana tahun sebelumnya. Hal ini untuk menghindari kerumunan warga yang berpotensi penyebaran Covid-19. Namun kali ini yang disasar adalah mushala-mushala kampung yang lokasinya jauh dari pusat keramaian. Untuk mengingatkan masyarakat, bupati juga menempelkan stiker penerapan protokol kesehatan 5 M (memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, menjaga jarak, dan membatasi mobilitas.

“Saya mengajak kepada pengurus musala ini, untuk ikut menyosialisasikan upaya pencegahan Covid-19. Ada 3000 lebih musala yang tersebar di 16 kecamatan. Ini harus dimaksimalkan untuk memutus mata rantai penyebaran korona,” kata dia.

Selama bulan ramadhan, selain kegiatan Mushala Bergerak, bupati juga melaksanakan program Ayo Mengaji di sejumlah musala dan kantor pemerintahan kerja bareng Gerakan Pemuda (GP) Ansor. Termasuk Puskesmas, kantor kecamatan, Polsek, Koramil. Waktunya diambil siang hari setelah salat zuhur dan berlangsung sekitar 1 jam. Harapannya, akan meningkatkan spiritualitas pelayan masyarakat.

Juga akan dilaksanakan peringatan Nuzulul Qur’an bersama Gus Muwafiq dari Yogyakarta, pada Senin (26/4/2021) pukul 20.30 Wib. Masyarakat dapat mengikuti secara virtual melalui channel Youtube Pemerintah Kabupaten Jepara atau mendengarkan lewat Radio Kartini FM Jepara.

Dalam kegiatan tersebut, bupati menyerahkan sejumlah bantuan kepada mushala berupa, paket sembako, masker, face shield, dan hand sanitizer, puluhan bibit buah, hingga perlengkapan mushala seperti sarung, mukena, sajadah dan Al Qur’an.

“Mari kita bersama berdoa agar Covid-19 ini, bisa segera hilang dari Bumi Kartini,” katanya

Puji Sumono

Redaksi Palangka News