Resmi Jabat Walikota Dan Wakil Walikota Magelang M. Nur Aziz Dan M. Mansyur

Resmi Jabat Walikota Dan Wakil Walikota Magelang M. Nur Aziz Dan M. Mansyur

Palangkanews.co.id Magelang, 26/2/2021 Pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Magelang yang digelar secara virtual pada Junat (26/2/2021) di Pendopo Pengabdian kompleks rumah dinas Walikota Magelang.

Muchammad Nur Aziz dan M Mansyur (Aziz-Mansyur) resmi menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang masa jabatan 2021-2026.

Keduanya dilantik langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara virtual, bersama Wali Kota/Bupati terpilih di 16 Kota/Kabupaten di Jawa Tengah pada Jumat (26/2/2021).

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya menyatakan, seluruh kepala daerah yang baru saja dilantik ke depan akan menghadapi tantangan maupun persoalan yang kompleks.

Mulai dari masalah global pandemi Covid-19, kemudian persoalan ekonomi, pengentasan kemiskinan, pendidikan, teknologi, pemuda dan pemudi yang harus dioptimalkan sampai persoalan lingkungan yang serius.

“Saya yakin Bapak/Ibu bekerja keras. Ingat pula ada kelompok yang perlu diperhatikan, yakni kelompok perempuan, difabel dan anak-anak generasi yang harus dipersiapkan dengan baik,” ucap Gubernur Ganjar.

Ganjar juga menegaskan pentingnya kepala daerah memiliki akun media sosial di era sekarang. Media sosial menjadi sarana untuk mengetahui dan menindaklanjuti persoalan persoalan yang dihadapi masyarakat.

“Dodone awake dewe kudu jembar, ususe kudu dowo. Kritik dan cacian akan menjadi vitamin segar. Kuncinya terletak pada diri anda, dan aparatur serta dukungan keluarga tercinta. Buat saya, tuan adalah rakyat, jabatan adalah mandat,” tandas Ganjar.  

Plt Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Magelang, Tri Yamto Sutrisno mengatakan, Aziz-Mansyur dijadwalkan bertugas pada Senin (1/3/2021), yang diawali dengan apel pagi, dilanjutkan dengan briefing dengan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Magelang. 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Magelang menetapkan pasangan calon (paslon) nomor urut 01, M. Nur Aziz dan M. Mansyur, sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang terpilih untuk periode 2021-2024, Kamis (21/1/2021) malam.

Pasangan dokter spesialis penyakit dalam dan kiai itu ditetapkan pada Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang yang digelar di Hotel Atria Kota Magelang, Kamis (21/1/2021) malam.

Aziz dan Mansyur dinyatakan unggul setelah meraup suara sekitar 59,9 persen pada Pilkada Magelang 2020.

Ketua KPU Kota Magelang Basmar Perianto Amron menjelaskan, Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang tahun 2020 merupakan tahapan terakhir yang menjadi tanggung jawab KPU Magelang.

Kegiatan ini dilaksanakan setelah KPU menerima surat dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang menerangkan tidak ada permohonan perselisihan hasil pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang yang diregistrasi di e-BRPK per tanggal 18 Januari 2021.

Puji Sumono
Kaperwil Jateng

Redaksi Palangka News