Rapat Pembahasan Ranperda Tentang Perangkat Daerah Diskor Ketua Bapemperda DPRD Barsel

Rapat Pembahasan Ranperda Tentang Perangkat Daerah Diskor Ketua Bapemperda DPRD Barsel

Palangkanews.co.id # Buntok – Rapat pembahasan tentang perangkat daerah, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Barito Selatan, atas kesepakatan bersama dengan Tim Ahli Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah sepakat untuk diskor.

Pasalnya berkaitan dengan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang
Perangkat Daerah masih perlu melakukan pendalaman antara lain ialah masalah tipe. Karena tipe masih perlu harus pendalaman lagi contohnya seperti di Kecamatan.

“Itu Kecamatan Jenamas dengan Kecamatan Dusun Selatan ini sama tipe A, sebenarnya kalau kita lihat beban kerjanya kan berat di Dusun Selatan ini dari pada di Jenamas, di Jenamas cuma 1 Kelurahan 4 Desa, sementara disini 27 desa termasuk 3 Kelurahan itu kan luar biasa. Jadi kita harap bagaimana mereka bisa menghitung skornya itu sampai bisa terjadi ada kesamaan itu yang pertama, ” kata Dr.HR. Sudarto, kepada media ini Selasa (22/8/2023) kemaren.

Selanjutnya yang kedua terkait masalah Satpol-PP dengan Pemadam tambah Ketua Bapemperda DPRD Barsel Dr.HR. Sudarto yang akrab disapa H. Alex, saat Memimpin Rapat Bapemperda tersebut. Dilaksanakan di Ruang Gabungan Komisi DPRD Barsel jalan Pahlawan Buntok. Selasa 22 Agustus 2023 lalu.

Ada pun berkaitan masalah Satpol-PP dengan Pemadam itu dimekarkan, namun sebelum dimekarkan awalnya jadi satu, tapi setelah dimekarkan tepenya tetap B. Sebenar begitu terpisah otomatis tingkat kinerjanya menurun karena terbagi dua asalnya satu sehingga terpisah menjadi dua.

“Artinya karena terpisah itu beban kerjanya menurun tapi kelihatannya masih B, nah itulah artinya yang kedua tadi untuk persiapan anggaran karena dengan adanya pemekaran itu kan beberapa SKPD itu memerlukan anggaran biaya, seperti biaya umum, pemeliharaan dan sebagainya, kalau dana yang ada itu dibagi oke lah, artinya kan sebagian ada untuk melengkapi di bidang tapi yang lainnya itu bagaimana perjalanan dinasnya, saya kira itukan sulit, ” kata H Alex, kepada media ini Selasa (22/8/2023) beberapa hari lalu.

Oleh sebab itu dari sekarang mereka kami minta kemaren untuk mengatur anggaran itu, supaya pada saat pemekaran sudah bisa, karena target kita 2023 bulan depan kita upayakan sudah bisa selesai Perda itu.

“Makanya kemaren itu kita Sekor perlu pendalaman barkaitan dengan tipe itu, karena siapa tahu masyarakat menanyakan itu ada tipe A ada tipe B, jadi perlu juga kita pendalaman itu supaya kita punya bahan untuk pembahasan nanti, ” ucapnya.

Disamping itu juga H. Alex mengungkapkan terkait Dinas Pendidikan (Disdik) Barsel, seperti ada penurunan ke B, karena sekarang ada pemekaran sehingga turun ke B sebenernya Disdik itu cukup beban kerjanya tinggi ada beberapa bidang.

“Seperti di Kecamatan itu kan ada juga, jadi kita perlu masalah itu bisa selesai, kalau yang lain – lain saya rasa tidak ada masalah, dan saya rasa bulan depan ranperda itu sudah bisa selasai atau rampung, ” pungkasnya.

Pewarta : H. Assjian
Sumber : Dr. HR. Sudarto.

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News