RAPAT KOORDINASI MKKS SMK SE-KALTENG, PERDANA TAHUN 2021

RAPAT KOORDINASI MKKS SMK SE-KALTENG, PERDANA TAHUN 2021

Palangkanews.co.id | Dunia Pendidikan di Kalimantan Tengah di tengah pendemi tidak akan surut untuk melakukan melaksanakan kegiatan pertemuan kepala sekolah se Kalteng hal ini untuk mempererat hubungan kerja sesama Sekolah kejuruan, kepsek SMKN 4 Palangka raya Drs. Made Wahyu BH selaku tuan rumah selaku ketua MKKS Kalteng melipatkan kepada kepala Bidang dan Kadis Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah.4/2/2021.

Kegiatan MKKS ini di hadiri 11 kepala Sekolah Kabupaten Kota yang tidak hadir dari Kabupaten Kotawaringin Barat, Lamandau dan Sukamara.

Ketua MKKS melaporkan menganggap pentingnya MKKS ini maka kita semua berupaya bagaimana keberadaan ini bisa lebih eksis lagi lebih berperan lagi terutama bagi perkembangan sekolah kita kejuruan, terkaitan dengan kegiatan MKKS SMK ini mendorong untuk semangat kerja yang lebih bagus lagi. Ada persamaan banyak hal seperti misalkan untuk MGMP ini sangat berkaitan dengan MKKS apalagi sekarang sedang pencanangkan pengetapan di dalam sistem kredit atau kenaikan pangkat bagi guru maka MKKS dan MGMP ini sangat punya peran yang penting sekali dalam binaan MKKS maka di dalam penilaian kredit kenaikan pangkat ada salah satu point yang dikatakan pengembangan keprofesian berkelanjutan salah satu yang memadai PKB ini MGMP dan MKKS.

” Saya sampaikan kepada Kabid PSMK dan Kadis Pendidikan Provinsi Kalteng, bahwa kegiatan MKKS ini biaya urunan tidak ada bantuan kerna pos pos dalam anggaran Sekolah SMK belum ada,” ujar Kepsek SMKN 4 Palangka Raya

Selanjutnya Made Wahyu menyampaikan keluhan atas nama rekan rekan kepala sekolah khusus SMK yaitu mengenai yang pertama bidang pembangunan ruang dan lainnya yang tidak merata , kedua kurangnya guru yang produktif mengingat sebentar lagi kenaikan kelas dan ujian akhir sekolah, ketiga proses belajar mengajar jarak jauh /Daring tidak semua siswa bisa mengikuti berbagai hal problem yang dihadapi.” Tutur Made.

Menanggapi.keluhanan Kepala SMK Kepala Bidang PSMK Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Eka Aprilianty, SP., MPd Banyak di SMK laporan PPN yang kita terima di awal bulan Januari kita sudah menerima laporan sebanyak dua kali yaitu minggu terakhir di bulan Januari yang pertama lapor itu hanya sebanyak 57% dan yang kedua itu sudah meningkat menjadi 77% harapannya semua sekolah bisa melaporkan sekolah SMK di Kalimantan tengah ini semua melaksanakan PPM baik itu dilaksanakan dengan luring daring maupun kombinasi.

“harapan saya PPM jangan sampai pernah ada satu kepala sekolah yang melaporkan bahwa di daerahnya itu ada beberapa yang terkena positif Covid 19 kemudian melaporkan bahwa BBM ditiadakan ini keliru bapak ibu,” ucap Eka Kabid PSMK.

Sambung Eka” BBM itu tetap dilaksanakan caranya saja yang harus kita sesuaikan ini harapan saya semua bisa memberikan laporannya karena memudahkan kita hanya melalui aplikasi tidak perlu kita mengirimkan hardcopy laporan yang tebal-tebal tidak perlu juga, mungkin memang jauh lokasinya dari dinas pendidikan di Palangkaraya,”

“Kemudian yang kedua saya ingatkan juga ini keterlibatan semua tim manajemen yang ada di sekolah bapak ibu kepala sekolah hendak nya mengingatkan menggerakkan tim manajemen yang ada di sekolah baik wakil-wakil yang ada di sekolah baik itu guru BK baik itu wali kelas,” ungkap Eka Aprilianty.

Arahan Plt. Kadis Pendidikan Provinsi Kalteng, H.A Syaipudi, S.Pd,. MSM. yang hadir dalam.pertemuan perdana MKKS SMK se Kalteng memberikan arahan dalam pelaksanaan proses pendidikan kejuruan di Kalimantan tengah berharap mampu terlaksana dengan baik semangat tinggi walaupun kita dilanda wabah virus Corona ini belum berakhir.

Mengenai laporan ketua MKKS Kalteng dan Kabid PSMK Dinas Pendidikan akan mengevaluasi kinerja Kepsek, Pengawas dan Guru guru serta staf di SMK apakah sudah maksimal melakanakan tugas pokok nya atau belum, hal inilah yang menjadi tugas Dinas Pendidikan Kalteng.

Dalam kesempatan pertemuan MKKS Plt Kadis Pendidikan Provinsi Kalteng mengajak semua SMA,SMK Sederajat untuk tetap meningkatkan mutu pendidikan dengan penuh tanggungjawab profesinya sebagai insan pendidik, terkait permasalahan kesenjangan dalam pembangunam sara pendidikan dan kurangnya guru produktif serta anggaran pendidikan semua itu perlu evaluasi yang akan di bawa kedalam forum musyawarah tingkat provinsi bersama DPRD Provinsi Kalteng.

“Saya hanya tinggal ingin membuktikan saja lagi apakah bapak ibu mentaati itu semuanya atau tidak jadi saya hanya bisa mengeksekusi atas kesepakatan bapak ibu sekalian salah satu tugas saya dari gubernur menitip pesan untuk mengevaluasi kinerja kepala sekolah dan guru dalam kepatuhan terhadap tugas kepatuhan terhadap laporan Pertanggungjawaban keuangan yang dikelola ini menjadi hal penting buat saya oleh karena itu bahasanya adalah evaluasi termasuk juga mengevaluasi bapak ibu kepala sekolah kawan-kawan kita yang sudah periodesasinya sudah habis dratnya,” Kata Syaipudi

Peningkatan mutu pendidikan di lembaga lembaga sekolah tergantung manajemen sekolah itu sendiri kualitas yang baik, Sekolah Kejuruan ini mahal, dari mahal itu kita berusaha sekuat tenaga untuk tampil di tengah tengah masyarakat, agar masyarakat percaya bahwa SMK mampu mencetak pura putri terbaik dan mampu membantu pemerintah mengentas kemiskinan dan pengangguran, kerna lulusan SMK memiliki Skiil yang dapat diterima diberbagai kalangan perusahaan dan pemerintah serta bisa mendiri membuat lapangan kerja

Pewarta. : Aris – Septy pknews Kalteng
Sumber. : Liputan pknews.

Redaksi Palangka News