RAKOR LITBANG IPTEK DORONG PENGEMBANGAN RISET DAN INOVASI MENUJU KALTENG MAKIN BERKAH

RAKOR LITBANG IPTEK DORONG PENGEMBANGAN RISET DAN INOVASI MENUJU KALTENG MAKIN BERKAH

Palangkanews.co id / Penjabat Sekretaris Daerah Nuryakin menyampaikan bahwa rapat koordinasi Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) sangat penting untuk mendorong berbagai program berkaitan dengan pembangunan di Kalimantan Tengah.

Hal tersebut diungkapkan Penjabat Sekretaris Daerah Nuryakin saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Rapat Koordinasi Litbang dan Iptek se-Kalimantan Tengah, di Aula Kantor Bappedalitbang, Kota Palangka Raya, pada Kamis (11/11/2021).

“Rapat Koordinasi Penelitian dan Pengembangan, dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Se-Kalimantan Tengah Tahun 2021 ini sangat penting untuk dilakukan, agar secara bersama kita dapat membicarakan tentang isu-isu strategis, dalam rangka membahas tentang berbagai program dan kegiatan, serta masalah-masalah yang berkaitan dengan pembangunan, tentang Penelitian dan Pengembangan, dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Kalimantan Tengah”, terangnya.

Rapat koordinasi yang diselenggarakan secara daring dan luring tersebut, mengusung tema yaitu ” Riset dan Inovasi Menuju Kalteng Makin Berkah”. Acara ini diselenggarakan mengacu pada ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, yaitu meningkatan riset untuk daya saing dan inovasi teknologi di masing-masing daerah.

Lebih lanjut, Penjabat Sekretaris Daerah Nuryakin menyampaikan bahwa program Litbang dan Iptek memerlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkomitmen, berkerja cerdas dan tuntas.

“Saya sangat menyadari dalam pelaksanaannya sangat membutuhkan kerja keras, kerja cerdas, tulus, ikhlas, kerja tuntas, serta komitmen kita semua dalam mengembangkan Litbang dan Iptek itu sendiri”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Penjabat Sekretaris Daerah Nuryakin mengajak seluruh peserta rapat koordinasi se-Kalimantan Tengah menyamakan persepsi melalui berbagai kegiatan Litbang dan Iptek yang sesuai dengan visi-misi Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Saya berharap kepada seluruh Peserta Rapat Koordinasi Penelitian dan Pengembangan dan IPTEK se-Kalimantan Tengah Tahun 2021 kiranya dapat menyamakan persepsi, khususnya dalam menghadapi tantangan pemulihan di berbagai bidang kehidupan pasca pandemi Covid-19, melalui berbagai kegiatan Penelitian dan Pengembangan, dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang memiliki daya saing dan berwawasan ramah lingkungan, untuk dituangkan dalam program serta kegiatan, yang disesuaikan dengan isu strategis serta sesuai visi, misi Gubernur dan Wakil Gubernur yaitu Kalimantan Tengah Makin Berkah”, jelas Penjabat Sekretaris Daerah Nuryakin.

Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut yaitu antara lain Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fathoni, Deputi Bidang Pemanfaatan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Mego Pinandito, Ketua Dewan Riset Daerah (DRD) Kalteng Sulmin Gumiri dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Yuren S. Bahat

Pewarta. : Titin +.lisa
Sumber. : Biro adpim Pemprovkalteng/
Reni

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News