Rakor Kesiap Siagaan Penanganan Karhutla Wilayah Kalteng 2020

Rakor Kesiap Siagaan Penanganan Karhutla Wilayah Kalteng 2020

Palangkanews co.id. – Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran memimpin langsung Rapat Koordinasi Virtual Kesiapsiagaan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kalteng Tahun 2020, di Istana Isen Mulang, Kamis (4/4/2020).

Gubernur Kalteng Sampaikan Langkah-Langkah Strategis Pengendalian Karhutla 2020
Suasana Rapat Koordinasi virtual kesiapsiagaan penanganan Karhutla di wilayah Kalteng Tahun 2020

Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran , didampingi Komandan Korem (Danrem) 102 / Pjg Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Prov. Brigjen Kalteng Pol M. Slamet Urip Widodo, Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Kalteng Marang , Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri , Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Kalteng H. Darliansjah , Kepala Dinas Kehutanan Prov. Kalteng Sri Suwanto , Plt. Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Prov. Kalteng Agus Siswadi , Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka RayaCatur Winarti beserta beberapa Perangkat Kepala Daerah yang terkait dengan virtual.

Virtual khusus hadir terpisah berpartisipasi virtual, Ketua DPRD Prov. Kalteng, Wakapolda Kalteng, Bupati / Walikota didampingi Forkopimda lokal serta beberapa kepala UPT Kementerian terkait, Perwakilan Tokoh masyarakat dan Tokoh Agama.

Rapat ini digabungkan untuk membahas cuaca dan pemulihan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Tjilik Riwut Palangka Raya di wilayah Kalteng akan meluncurkan musim kemarau.

Berdasarkan perkiraan dari BMKG, musim kemarau di Kalteng diperkirakan akan terjadi pada pertengahan Bulan Mei 2020 diawali dari Kabupaten Barito Selatan (Kecamatan Dusun Hilir bagian Selatan dan Kecamatan Jenamas) dan menyebar keseluruh wilayah Kalteng pada akhir Bulan Juli 2020. Puncak musim kemarau di Kalteng diperkirakan terjadi dari Bulan Juli sampai dengan September 2020.

Dalam rapat tersebut, Gubernur H. Sugianto Sabran menyampaikan bahwa Pemerintah Prov. Kalteng bersama Pemerintah Daerah di 14 Kabupaten/ Kota telah menandatangani Komitmen Bersama Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Penanganan Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan di wilayah Prov. Kalteng Tahun 2020 dalam rangka mewujudkan Kalteng bebas kabut asap Tahun 2020. Komitmen bersama ditandatangani pada Tahun 2019 lalu.

Sesuai dengan arahan Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) saat melakukan Video Conference antisipasi Karhutla pada 19 Mei 2020, pengendalian Karhutla Berbasis Tapak (KPH) dengan mengimplementasikan Resort Based Management KPH.

Terdapat 3 point langkah-langkah strategis dan konret pengendalian Karhutla yang disampaikan orang nomor 1 di Bumi Tambun Bungai pada Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Penanganan Karhutla di wilayah Kalteng Tahun 2020 yakni pertama, Pemerintah Kabupaten/ Kota membentuk Satgas Pencegahan Karhutla sampai tingkat Kelurahan/ Desa.

Kedua, Satgas pencegahan Karhutla Kabupaten/ Kota memperkuat upaya pencegahan Karhutla di tingkat taoak diantaranya melakukan sosialisasi, diseminasi dan pendampingan PLTB, pelatihan dan patroli bersama.

Terakhir, Pemerintah Kabupaten/ Kota menentukan status kesiagaan dan darurat Karhutla dengan cepat dan tepat.

Reporter. : Lisa/boy
Sumber. : Humas Provkalteng/wdy
Editor. : Redaksi PK news co.id.

admin

admin