PWM KALTENG LEPAS TIM GOWES MENUJU MUKTAMAR MUHAMMADIYAH DI SURAKARTA

PWM KALTENG LEPAS TIM GOWES MENUJU MUKTAMAR MUHAMMADIYAH DI SURAKARTA

Palangkanews co.id /// Palangka Raya – Kontingen peserta Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah asal Kalimantan Tengah (Kalteng) mulai diberangkatkan. Tim gowes atau peserta bersepeda menjadi kelomppok pertama yang diberangkatkan ke lokasi Muktamar, yakni Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Tim gowes berkekuatan empat pesepeda itu dilepas resmi Senin (7/11/2022) pagi dalam sebuah acara yang berlangsung meriah di halaman komplek Perguruan Tinggi Muhammadiyah Palangka Raya.

Upacara pelepasan itu dipimpin langsung Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalteng Propesor Dr H Ahmad Syar’i M,Pd dihadiri perwakilan dari pimpinan Organisasi Otonom Muhammadiyah, pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palangka Raya dan jajaran, Rektor terpilih UMPR Dr M Yusuf M.Ap.

Keempat pesepeda yang menjadi kelompok pertama kontingen PWM Kalteng menuju Muktamar di Surakarta itu antara lain, H Ali Imran asal Kabupaten Kapuas, AKP (Purn) Darmadi asal Kabupaten Kapuas, Ganda Ganjar Gunartika asal Kota Palangka Raya, dan Suyatman asal Kota Palangka Raya.
Ketua PWM Kalteng Dr H Ahmad Syar’i MPd dalam arahannya menjelaskan, secara keseluruhan kontingen Kalteng yang bertolak ke Surakarta untuk mengikuti Muktamar sekitar 300 orang.

“Sebanyak 63 orang yang memegang hak suara dalam pemilihan kepengurusan Muhammadiyah Pusat, sisanya partisipan,” sebut Syar’i, yang mantan Ketua BADKO HMI Kalimantan dan KPU Kalteng itu.

Dia melanjutkan, untuk jumlah peserta Muktamar nanti se-Indonesia diperkirakan mencapai 2.700 peserta, baik pemegang hak suara maupun partisipan atau penggembira.
Puncak kegiatan Muktamar rencananya berlangsung 19-20 Nopember 2022, dibuka langsung Presiden Republik Indonesia. Agenda utama Muktamar ini adalah penyusunan Kepengurusan Pusat (PP) Muhammadiyah, program kerja, dan lainnya.

Di kegiatan yang sama, Ketua Panitia Semarak Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah H Daryana SE dalam laporannya menjelaskan, keempat pesepeda yang dilepas ini akan nggowes dari Kota Palangka Raya hingga ke Surakarta.

Rute yang ditempuh tim gowes ini antara lain, Kota Palangka Raya, Pulang Pisau, Kuala Kapuas, Banjarmasin, Pelabuhan Trisakti menumpang kapal laut menuju Pelabuhan Tanjuk Perak, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, Magetan, Ngawi, Sragen, Karang Anyar, dan tiba di Kota Solo (Surakarta).
“Dari seluruh Indonesia, Tim Gowes kita ini menjadi satu-satunya peserta dan penggembira Muktamar yang datang menggunakan sepeda,” terang Daryana, yang Sekum KAHMI Wilayah Kalteng itu.

Ditambahkannya, selain pelepasan tim gowes ini, Panitia Semarak Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah juga akan menggelar kegiatan jalan sehat bersama, bazaar, dan pentas seni pada 12 Nopember 2022 nanti yang dipusatkan di Komplek Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

“Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum, silahkan hadir pada 12 Nopember 2022 nanti untuk sama-sama memeriahkan Muktamar di Surakarta,” himbau alumni Universita Palangka Raya ini.

Pewarta. : Ayu Vera Agustina

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News