PT. MPG LANGGAR ATURAN PEMERINTAH.

PT. MPG LANGGAR ATURAN PEMERINTAH.

Palangkanews.co.id || Persada Gatra Megah (MPG) Perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan kelapa sawit, yang letaknya mencakup 2 wilayah, yaitu Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Murung Raya. PT. MPG juga salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang telah mengantongi ijin cukup luas didalam wilayah hukum Kabupaten Barito Utara. Dipublikasikan 14/6/21.

PT. MPG juga telah memiliki pabrik pengolahan sawit yang sudah tentu dapat melakukan pengolahan bahan baku mentah tandan segar buah sawit menjadi barang industri setengah jadi atau CPO. Namun sangat disayangkan, sekitar kurang lebih 32 km menggunakan jalan Negara untuk angkutan truck tangki yang mengangkut CPO dan Truck Pengangkut Limbah Padat (Cangkang) Kelapa sawit, hingga bisa menimbulkan kerusakan jalan Negara, selain itu menggangu pengguna jalan lainnya.



Dikutip dari pemberitaan media Online Harapan Rakyat, tanggal 27 Maret 2018 ” PT. MPG Belum Memiliki Pelabuhan dan Ijin Bongkar Muat CPO”. yang mana pada saat itu Izhar Sapawi, yang menjabat sebagai Kepala Dinas Perizinan Terpadu Barito Utara, menyatakan bahwa PT MPG tidak memiliki izin bongkar muat CPO, dan pelabuhan tempat PT MPG melakukan bongkar muat CPO juga belum memiliki izin bongkar muat, bahkan permohonan awal perizinanpun belum ada. Setia Budi saat itu menjabat sebagai Kadis Pertanian dan Perkebunan Barito Utara juga menjelaskan, bahwa pihaknya hanya sebatas pemberi pertimbangan tehnis, baik untuk budi daya sawit dan rekom kapasitas produksi.

Ironisnya lagi, selain hal terebut diatas. saat ini PT. MPG, perusahaan yang bergerak dibidang perkebunan sawit tersebut kembali berulah, hingga kembali Viral diberitakan oleh beberapa Media online, karena diduga Kebal Hukum, hingga berani mengabaikan Surat Edaran Gubernur Kalimantan Tengah Nomor : 551.2/02-AC/2013, tertanggal 14 Januari 2014 Tentang Batasan Muatan Angkutan dan Jam Operasional Penggunaan Ruas Jalan Provinsi dan Jalan Nasional di Kabupaten Barito Utara. Surat Edaran Gubernur Kalimantan Tengah tersebut selanjutnya ditindak lanjut dengan Surat Edaran Bupati Barito Utara Nomor : 551.1/370/Dishubkominfo/III/2013, tertanggal 20 Oktober 2013 Tentang Hal di atas yang disampaikan kepada perusahaan yang berada di Kabupaten Barito Utara.

Dikutip dari media online Tabengan.com 13 Juni 2021, bahwa pada hari minggu tanggal 16 Juni 2021 sekitar jam 11. 30 wib, di pelabuhan bongkar muat PT MPG, terdapat 2 truk tangki pengangkut CPO PT. MPG yang sedang melakukan bongkar muat CPO nya ke kapal tongkang pembawa CPO.

Rute pengangkutan yang dilakukan Truk tangki bermuatan CPO tersebut diangkut dari pabrik di Km 32, Desa Karamuan, Kec. Lahei Barat , dan menggunakan Jalan Negara Muara Teweh-Puruk Cahu (melewati pemukiman penduduk). untuk sampai di pelabuhan, harus menempuh jarak 32 Kilometer hingga sampai di pelabuan lokasi bongkar muat CPO.

Pewarta. : Red pknews
Sumber. : Suarakalteng

Redaksi Palangka News