Presiden RI Joko Widodo Resmi Lantik Gubernur Sumbar, Kepri, dan Bengkulu

Presiden RI Joko Widodo Resmi Lantik Gubernur Sumbar, Kepri, dan Bengkulu

Palangkanews.co.id | JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo memimpin pengambilan sumpah jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldy. Selain Gubernur Sumbar, Jokowi juga mengambil sumpah Gubernur, dan Wakil Gubernur Bengkulu, dan Kepulauan Riau yang terpilih lewat Pilkada Serentak 2020.

Sebelum acara dimulai, para kepala daerah mengambil petikan surat keputusan presiden terkait pelantikan. Lalu para kepala daerah memasuki Istana Negara untuk pengambilan sumpah.

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” kata Presiden RI Joko Widodo diikuti oleh tiga pasang gubernur dan wakil gubernur di Istana Negara, Kamis (25-02-2021).

Dalam pengambilan sumpah itu, para kepala daerah berjanji memegang teguh Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Mereka juga bersumpah menjalankan undang-undang selurus-lurusnya.

Pada kesempatan itu, Jokowi melantik Mahyeldi Ansharullah sebagai Gubernur Sumatera Barat dan Audy Joinaldy sebagai Wakil Gubernur Sumatera Barat. Mahyeldi-Audy terpilih usai meraih 32,4 persen suara sah di pemilihan tahun lalu.

Jokowi juga melantik Ansar Ahmad-Marlin Agustina sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepulauan Riau. Pasangan itu mengalahkan tiga pasangan calon dengan meraih 42,73 persen suara sah.

Sementara untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Jokowi melantik Rohidin Mersyah dan Rosjhonsyah. Duet itu mengumpulkan 41,2 persen suara sah dan mengungguli dua paslon lainnya.

Pilkada Serentak 2020 telah usai. Namun, undang-undang memberi ruang bagi kandidat yang dinyatakan kalah untuk mengajukan sengketa di Mahkamah Kontitusi.

Pekan lalu, sejumlah sengketa pilkada telah disetop atau dituntaskan MK. Kemendagri akan melantik kepala daerah yang sudah tak punya sengketa secara bertahap.

Pada akhir bulan ini, Kemendagri akan melantik sejumlah kepala daerah tingkat kabupaten/kota. Salah satunya, Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang memenangkan pilkada Solo.

Pewarta: Megy Aidillova pknews Jakarta
Sumber : liputan pknews Jakarta

Redaksi Palangka News