Pos Penjagaan Di Dua Tempat diintensifkan TGGT Vovid 19 Barut

Pos Penjagaan Di Dua Tempat diintensifkan TGGT Vovid 19 Barut

Palangkanews.co.id, Muara Teweh – Garda terdepan dalam perang menghadapi pandemi virus corona (Covid-19) di wilayah Kabupaten Barito Utara (Barut) tetap mengintensifkan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan terhadap warga yang melintas di dua posko pemeriksaan kesehatan.


Kedua posko pemeriksaan ini berada di wilayah perbatasan jalan negara di KM 12 batas kota selamat datang di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan Kecamatan Teweh Baru dan Desa Sei Rahayu KM 52 perbatasan Kabupaten Barito Utara dan Murung Raya. Hal ini sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran virus corona (Covid-19).
Tim Gabungan Gugus Tugas (TGGT) Covid-19, Kabupaten Barito Utara (Barut) selalu bersinergi dalam mengamankan akses transportasi jalur masuk ke arah Muara Teweh terkhususnya dari arah luar kota yang akan memasuki wilayah kota Muara Teweh.


Hal ini dilakukan TGGT Covid-19 dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Tim yang tergabung selalu melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap warga yang akan memasuki kota Muara Teweh.


Kegiatan penjagaan dilakukan TGGT bersama tim gabungan dari TNI-Polri, petugas Kesehatan, Dinas Perhubungan (Dishub), Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskominfosandi), Satpol PP, BPBD, Tagana dan tim relawan masih tetap diperketat dengan pemberlakukan protokol pencegahan Covid-19.
Komandan Posko TGGT Covid-19 Jalur Darat 04 KM 12 Jalan Negara Muara Teweh-Banjarmasin Batas Kota Muara Teweh, Minggu (14/6) Aprin Siaga Dahan mengatakan bahwa dirinya bersama para petugas tim gabungan lainnya akan terus melakukan upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19.


Terlebih lagi katanya beberapa tempat di Indonesia telah memberlakukan New Normal. New Normal yang dimaksud adalah melakukan aktivitas seperti biasa tapi tetap dengan mematuhi protokol kesehatan dalam masa pandemi yang masih dialami seperti saat ini.
Menurut Kasat Pol PP Barito Utara ini petugas yang berjaga selalu menghimbau kepada pengendara agar kiranya tetap menggunakan masker ketika melakukan aktivitas diluar rumah, apalagi yang sampai harus berpergian dengan menempuh jarak yang jauh. “Sebelum melakukan pengecekan suhu tubuh, para pengendara harus mencuci tangan terlebih dahulu sebagai salah satu upaya pencegahan,” kata Aprin.


Para petugas kesehatan juga kata dia selalu memberikan himbauan kepada para pengendara agar tetap menerapkan protokol kesehatan seperti tetap menggunakan masker ketika beraktivitas, terapkan social distanching ketika berinteraksi dengan orang lain, dan selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dalam kehidupan sehari-hari sehingga terhindar dari paparan virus corona serta tetap sehat.


Pada kesempatan itu juga tim gabungan gugus tugas Covid-19 KM 12 Batas Kota Muara Teweh juga menerima bantuan dari relawan atas nama alumni SMAN 1 Muara Teweh tahun angkatan tahun 2003.
Bantuan yang diserahkan tersebjut berupa Face Shield, suplementasi, dan beberapa makanan ringan. “Bantuan ini adalah sebagai upaya dukungan kepada tim gabungan gugus tugas dilapangan dalam upaya mencegah dan memutus penyebaran Covid 19 di wilayah Kabupaten Barito Utara,” kata Aprin S Dahan.(ari/kh1)

Leny, Biro Barut.

admin

admin