Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi Sambut Baik Pencanangan Korespondensi Bebas Kertas

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi Sambut Baik Pencanangan Korespondensi Bebas Kertas

Palangkanews co id// Kabupaten Kapuas – Pemerintah Kabupaten Kapuas menggelar kegiatan Pencanangan Korespondensi Bebas Kertas, Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip dan Pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan Se-kabupaten Kapuas, berlangsung di rumah jabatan Bupati Kapuas, Senin (22/1/2024).

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi seusai kegiatan kepada awak media menyampaikan bahwa Pencanangan Korespondensi Bebas Kertas merupakan hal yang baik dan positif, dan berdampak nyata dalam hal pengurangan penggunaan kertas.

“Hari ini kita sudah mengikuti acara Pencanangan Korespondensi Bebas Kertas, tentunya ini juga merupakan sebuah inovasi atau kemajuan dari perpustakaan daerah kita untuk mengimbangi kemajuan teknologi atau IT, sehingga nanti di dalam proses administrasi kita tidak terlalu banyak menggunakan kertas, akan tetapi secara sistem elektronik,” katanya.

Ia menambahkan, selain tanda tangan yang menggunakan sistem elektronik, kedepannya pemanfaatan elektronik ini cakupannya akan menjadi lebih luas, seperti halnya surat-menyurat akan dilakukan secara digital.

“Nanti akhirnya untuk di OPD itu untuk tanda tangan secara elektronik itu bisa dilakukan dengan menggunakan IT, sehingga perkembangan kedepan tidak hanya cuma tanda tangan saja, akan tetapi juga untuk hal-hal yang lain,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga meminta kepada dinas terkait untuk selalu melakukan evaluasi terhadap penggunaan sistem elektronik tersebut, dan terus melakukan pengembangan, serta selalu memonitoring kelengkapan sarpras yang ada.

“Kami juga meminta kepada kadis perpustakaan untuk terus mengembangkan apa yang menjadi kekurangan kita, seperti halnya di sisi anggaran untuk melengkapi sarana dan prasarana yang ada, sehingga nanti kemampuan minat baca masyarakat kita bisa lebih meningkat,” pungkasnya.

Sementara itu, bunda Literasi Kabupaten Kapuas, Agustina Sri Rejeki Erlin Hardi berharap kepada para bunda literasi agar bisa cepat menyesuaikan diri dan mulai menjalankan tugas untuk membawa kemajuan di daerah masing-masing dalam hal peningkatan literasi dan minat baca bagi masyarakat setempat.

“Harapan untuk bunda literasi kecamatan yang baru saja dilantik pada hari ini, saya berharap untuk segera bergerak membentuk jejaring komunikasi dan koordinasi di wilayahnya masing-masing, dari tingkat kelurahan, desa, RT, RW hingga unit terkecil, yaitu rumah tangga keluarga,” harapnya.

publikasi. : Razikin

Redaksi Palangkanews

Pimpinan Redaksi Palangka News